Senin, 04 Maret 2019

Pentingnya Sertifikasi Halal MUI

teman-teman TauDariBlogger dan para pembicara

Bissmillahirrohmaanirrohiim,..


Makanan merupakan kebutuhan sehari-hari setiap manusia, dan tidak semua makanan dapat dikonsumsi, tentunya makanan yang sehat dan bergizi banyak dipilih oleh masyarakat. Makanan yang sehat bukan hanya dari komposisi yang sehat dari makanan itu, tentunya juga dari segi kebersihannya mulai dari cara mengolah makanan serta kebersihan dari perangkat wadah makanannya.
Tapi ternyata itu saja belum cukup, kehalalan menjadi poin utama dalam mengkonsumsi suatu makanan, apalagi Indonesia mayoritasnya muslim.

Saat ini sedang tren yang namanya kuliner, banyak restoran-restoran menyajikan berbagai macam makanan. Namun, apakah semua restoran tersebut sudah berlogo Halal?

Baca juga :
kuliner asik 
Wisata kuliner


Setiap orang bisa saja mengatakan makanan tersebut Halal, dan biasanya jika penjual seorang muslim pasti semua berfikir pasti halal, namun adakah bukti yang kuat bahwa memang itu jelas Halal?
Karena itulah pentingnya logo Halal dan sertifikasi Halal dari LPPOM MUI.

Karena kepentingan Halal itulah, aku sangat antusias mengikuti sebuah acara talkshow yang membahas mengenai Sertifikasi Halal MUI.

🌸Acara keren ini berlangsung pada: 🗓Jum'at, 01 Maret 2019
⏰ 16:00-18:00 WIB
🏩The Atjeh Connection Sarinah
🌹Apa aja acaranya
🌸Sambutan panitia
🌸Sambutan Founder The Atjeh  Connection (Ibu Anita Amir / Bapak Amir Faisal)
🌸 Talkshow Halal bersama Dirut LPPOM MUI, Dr Ir Lukmanul Hakim, Msi
🌸Tanya Jawab / Diskusi LPPOM dengan Bloger
🌸 Makan Makan Bersama

Sebelum ke acara inti membahas mengenai Sertifikasi Halal MUI, diperkenalkan terlebih dahulu apa itu The Atjeh Connection.
The Atjeh Connection yaitu sebuah restoran dan cafe yang menyajikan makanan dan minuman khas Aceh, khususnya yang paling terkenal yaitu kopi Acehnya. Selama ini dikenal menjadi tempat berkumpulnya para anak-anak muda serta tokoh-tokoh Aceh dan nasional di Jakarta.
Banyak menu spesial tersedia di The Atjeh Connection, seperti kopi arabika yang di datangkan langsung dari dataran tinggi gayo, kue-kue khas Aceh, nasi gurih, nasi goreng Aceh dan Mie Aceh, serta menu-menu spesial lainnya.
Anita Amir
Owner The Atjeh Connection
Owner dari The Atjeh Connection adalah Anita Amir, menjadikan resto & cafe ini sebagai ajang mempromosikan Aceh di kalangan nasional dan internasional, sehingga terlihat para pejabat pernah datang ke resto & cafe ini.
Selain itu, Owner dari The Atjeh Connection ini pun bercerita, menjelaskan alasan mengapa mendirikan resto & cafe ini. Awalnya beliau ini setiap jalan-jalan ke mall dan sekalian ingin makan-makan disana, ternyata masih banyak restoran yang belum halal, memang di restoran tersebut menjelaskan tulisan "no pork" namun kenyataannya untuk bahan bumbu lainnya masih menggunakan yang tidak halal, tapi mirisnya banyak kalangan muslim yang tidak mengetahuinya dan tetap makan disana, untuk itulah beliau mendirikan resto & cafe The Atjeh Connection yang menjamin semua menunya Halal, dan sekarang dalam tahap proses sertifikasi Halal.

Jadi betapa sangat pentingnya makanan Halal bagi umat muslim khususnya. Karena itulah adanya LPPOM MUI yang berwenang memberikan sertifikasi Halal kepada sebuah restoran atau perusahaan.


Lia Amalia sebagai perwakilan dari LPPOM MUI yang akan menjelaskan bagaimana prosedur pembuatan Sertifikasi Halal.
Banyak yang berpendapat bahwa prosedur dalam pembuatan Sertifikat Halal itu sangat sulit, tapi itu hanya alasan seseorang yang tidak mau menjamin produknya halal atau tidak.
Saat ini pengajuan dalam pembuatan Sertifikasi Halal lebih mudah, dapat dilakukan dimana pun, karena sekarang sudah ada sistem cerol (sertifikasi halal online) yang dapat diakses melalui website http://www.e-lppommui.org
Tapi sebelum mengajukan, si pendaftar harus membuat daftar bahan apa saja yang digunakan, apakah bahannya halal atau tidak.
Untuk mengetahui daftar bahan yang sudah halal dapat dilihat di www.halalmui.org disitu terdapat list bahan yang sudah bersertifikasi halal.
Selain itu menu dan resep juga harus di list.
perusahaan juga harus membuat manual Sistem Jaminan alal, berisi 11 kriteria yang nantinya akan di audit oleh LPPOM MUI, fungsinya untuk menjaga konsistensi perusahaan menerapkan memakai bahan yang sama atau tidak diganti-ganti.
Setelah itu dapat mengajukan sertifikasi halal melalui cerol, disana pendaftar harus mengisi semua data selengkap-lengkapnya dan menguplod semua bahan, bukan hanya data dari sebuah produk, tapi juga data dari bahan-bahan pembuatan produk, agar dapat segera diproses selanjutnya dan ditentukam berapa biaya yang harus dikeluarkan. Jika setuju dengan biayanya, baru dilakukan proses audit. Prosesnya tidak sembarangan, dan benar-benar dilakukan dengan serius, karena sertifikasi halal menyangkut kepentingan masyarakat.

Sertifikasi Halal MUI dapat diajukan untuk produk pangan, obat-obatan, kosmetika dan produk lainnya, dengan itulah sehingga dapat menentramkan batin konsumen dalam mengkonsumsinya. Itulah mengapa adanya Sistem Jaminan Halal agar produsen berkesinambungan proses produksi halal.
Sertifikasi Halal MUI berlaku selama 2 tahun, dan dapat diperpanjang kembali jika tidak ada perubahan komposisi.

Dr. Ir. Lukmanul Hakim, Msi.

Dr Ir Lukmanul Hakim, Msi selaku dirut LPPOM MUI mengatakan bahwa Sertifikasi Halal selain untuk melindungi konsumen, juga melindungi perusahaan yang mengalami isu tidak halal, padahal perusahaan tersebut sudah mempunyai sertifikasi halal. Tapi bukan berarti LPPOM MUI membela yang bayar, jika ada isu tentang perusahaan atau restoran yang bermasalah kehalalannya, tentunya LPPOM MUI segera menindak lanjuti dengan mengaudit kembali perusahaan tersebut.
Jadi di sarankan untuk masyarakat, agar tidak mudah percaya pada berita hoax atau isu-isu yang tidak benar khususnya pada perusahaan yang sudah berlogo Halal, karena dengan menyebarkan isu tersebut, akan mengakibatkan tutupnya perusahaan tersebut, dan dampaknya akan menciptakan pengangguran lebih banyak lagi. Jika sudah bersetifikasi halal, Insya ALLAH aman, tentunya Sertifikasi Halal yang masih berlaku.
Di era digitalisasi 4.0 Sertifikasi Halal MUI akan dibuatkan sistem barcode untuk setiap logo Halal, agar memudahkan masyarakat dalam mengetahui logo Halal yang asli dan terdaftar.


Disela kesempatan acara kali ini, dirut dari LPPOM MUI juga meresmikan adanya komunitas Blogger Halal Indonesia, tujuannya agar para anggotanya menyebarkan informasi yang benar mengenai Sertifikasi Halal MUI dan memberikan edukasi tentang makanan serta produk halal, sebagai anggotanya dari peserta yang hadir di acara hari ini yaitu teman-teman dari TauDariBlogger, tentunya akan ada penambahan anggota lainnya.

Semoga informasi ini dapat mengedukasi masyarakat dalam mengetahui tentang produk-produk halal, dan manfaat adanya logo halal. Tentu juga tidak sembarang logo halal, tahu logo halal yang masih berlaku atau tidak.

36 komentar:

  1. wah seru ya mba dan informasinya benar2 kita perlukan

    BalasHapus
  2. emang haruslah makanan yg kita makan apakah sudah halal apa belum, dan informasi ini sangat diperlukan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biar ga sembarangan makan di resto yang belum ada logo halal

      Hapus
  3. Baru tahu ada komunitas blogger halal... semoga makin mengedukasi, yaa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karena memang baru diresmikan kemarin

      Hapus
  4. Seritikasi halal memang sangat penting apalagi tentang makanan,bagus banget infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga lebih bermanfaat untuk pembaca

      Hapus
  5. Info yg sangat bermanfaat sekali, terutama untuk kaum muslim. Terima kasih ya info nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama, semoga tambah ilmu bermanfaat

      Hapus
  6. Wah penting bgt nih buat kita. Thanks artikelnya mba 😍

    BalasHapus
  7. sangat bermanfaat artikelnya, nah seberapa sulit mendapatkan sertifikat MUI? mungkin semua persyaratan jika ada bisa dicantumkan mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang penting kelengkapan semua dokumen usaha harus ada, dan sebenernya ga sulit, asal semua menu produk beserta bahan2 walau terkecil sekalipun harus dijabarkan, karna halal itu mencakup semuanya.

      Hapus
  8. Informasinya seru, dan acaranya pasti seru banget. Btw cara gabung Blogger Halal Indonesia gimana ya kak? Pingin gabung

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karena baru di resmikan, mungkin nanti ada info selanjutnya untuk penerimaan anggotanya.

      Hapus
  9. Waiya nih, sekarang banyak banget produk-produk dari luar gitu kan. Aku kadang gak ngecek sertifikasinya dulu, main makan aja. Abis baca ini mau mulai memperhatikan deh, thanks kak :)

    BalasHapus
  10. sertifikasi halal ini memang penting banget nih.. biar kita sebagai muslim itu bisa makan dengan tenang

    BalasHapus
  11. infonya bagus banget... aku baru tau ada komunitas blogger halal juga.

    BalasHapus
  12. setuju banget si, sertifikasi halal tu sangat penting terutama buat makanan karena sekarang banyak makanan makanna yang dengan bebas diperjual belikan di supermarket

    BalasHapus
  13. Nulis komen ini pas banget jam makan siang, jadi ngiler saya kalo ngebayangin mie aceh sama es mentimun. Btw, saya kira blogger halal tuh blogfer yg udah nikah, hampir aja baper.. haha

    BalasHapus
  14. Setuju banget sertifikasi halal itu penting banget, karena ap yang halal pasti baik kandungannya untuk tubuh

    BalasHapus
  15. Saya penasaran dengan komunitas blogger halal Indonesia. Kira-kira bagaimana menyampaikan informasinya? Melalui blog masing-masing anggotanya?

    BalasHapus
  16. Penting donk logo halal itu :) , memang tidak mudah tapi harus diperjuangkan :)

    BalasHapus
  17. Informasinya berguna banget mba, jaman sekarang semua kudu online yaa biar lebih mudaj

    BalasHapus
  18. Wiih seru tuh pasti acara nya.. selain itu setuju sih. Penting bnget punya sertifikasi mui..

    BalasHapus
  19. Event nya educative banget kak. Memang penting sertifikat halal biar aman pas makan

    BalasHapus
  20. Eventnya seru ya, btw bagus bgt ada komunitas itu yg pastinya ngebantu yg lain buat dpt info2 terbaru

    BalasHapus
  21. suka lupa nih cek halal dimakanan atau di restaurant huhu lain kali harus lebih aware lagii

    BalasHapus
  22. Kita emg kudu aware ya mana yg halal mana yg haram biar semuanya jd berkah

    BalasHapus
  23. cek produk halal sudah bisa via online kan ya kak? ini infonya emang penting banget buat kita yang muslim

    BalasHapus
  24. Setuju mba sama adanya sertifikasi halal kayak gini, biar semakin aman buat konsumsi pangan dan produk lainnya, khususnya bagi kita yg umat muslim. Semoga makin banyak produk yg tersertifikasi halal ya kak

    BalasHapus
  25. Udah ga was was ya kalau setiap oroduk terutama makanan, kosmetik dan obat2an memiliki sertifikat halal. Kita selalu tenang berada dimanapun

    BalasHapus
  26. Kalo boleh tau mba biasanya memerlukan berapa biaya untuk sertifikasi halal ini dan berapa waktu yang dibutuh kan untuk pembuataannya?

    BalasHapus
  27. Wah keren sekali ya acaranya, pengen ikut acara kyk gitu biar nambah pengetahuan.. apalagi sertifikat halal dri mui itu menetukan banget ya

    BalasHapus
  28. wah terima kasih banyak buat sharing nya ya mba, karena miris banget ketika kita lagi jalan-jalan dan tidak menemukan resto yg komposisi di dalamnya bukan hanya no pork. Dan untuk proses carol nya ini selalin menyebutkan list bahan dan mengupload nya, akan d adakan audit juga ga ya untuk make sure kalo resto tsb sudah terbukti kehalalannya?

    BalasHapus