Kamis, 07 November 2019

MP-ASI Sehat dan Praktis serta Kaya Zat Besi

Hallo bunda apa kabar......?


Bagaimana kabar baby-nya, saat ini masih ASI eksklusif atau sudah memasuki tahap pemberian Makanan Pendamping ASI (MP-ASI)?

Bagi bunda yang masih memberikan ASI eksklusif atau pun yang sedang mempersiapkan tahapan selanjutnya saat memasuki usia 6 bulan, pastinya bunda sudah merencanakan MP-ASI apa yang akan diberikan ke bayi. Tentunya dengan makanan yang bergizi tinggi dan tekstur yang sesuai tahapan umur bayi.

Dalam mempersiapkan MP-ASI, biasanya kebanyakan para bunda membuat sendiri MP-ASI dengan menyiapkan berbagai buah atau pun sayuran mentah yang akan di olah menjadi bubur bayi, meski repot tapi beberapa bunda masih tetap melakukannya demi untuk kecukupan gizi si bayi. Ada pula yang tidak mau repot membuat makanan bayi bubur bayi siap saji yang di jual di luar yang belum tentu terjamin kehigienisannya.

Dari semua yang bunda lakukan tersebut, dalam mempersiapkan MP-ASI, pastinya sering mengalami kendala. Jika memasak sendiri pastinya akan memakan waktu, juga kadang tekstur yang terlalu kental atau pun terlalu cair, prosesnya yang terlalu lama hingga waktu bersama si bayi tersita dengan memasak makanan bayi. Belum lagi si bayi yang tidak menyukai rasanya. Yang pada akhirnya, bayi kekurangan gizi dan juga terbuang waktu kedekatan dengan si kecil.


Makanan Bergizi Tinggi Untuk Si Kecil.

Pemberian makan pada bayi dan anak menurut rekomendasi WHO (World Health Organization) berupa:

  1. ASI eksklusif sejak lahir hingga usia 6 bulan dan dilanjukan hingga berusia 2 tahun.
  2. MP-ASI diberikan saat bayi berusia 6 bulan dan tetap diberikan ASI.


Saat pemberian ASI, zat besi dan nutrisi lainnya dapat terpenuhi, namun disaat memasuki tahap MP-ASI atau usia 6 bulan pemberian ASI saja tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisi, karena itu didampingi dengan pemberian makanan tepat waktu. Agar memenuhi nutrisi karena itulah pemberian makanan pendamping ASI haruslah mempunyai zat gizi yang tinggi termasuk zat besi yang diperlukan.

Pemberian MP-ASI sesuai usia juga perlu diperhatikan. Berikut tahapannya :

  1. Usia 6-8 bulan, tekstur bubur kental dilumatkan, porsi hingga 1/2 mangkuk 250ml. Selain ASI, diberikan 2-3 MP-ASI utama, 1-2 MP-ASI selingan.
  2. Usia 9-11 bulan, dicincang dilumatkan dan potongan kecil, porsi 1/2 mangkuk 250ml. Selain ASI, diberikan 2-3 MP-ASI utama, 1-2 MP-ASI selingan.
  3. Usia 12-23 bulan, dapat dicincang dan dilumatkan, dengan porsi 1/2 mangku 250 ml atau lebih. Selain ASI, juga diberikan 3-4 MP-ASI utama, dan 1-2 MP-ASI selingan.


Kenapa zat besi sangat dibutuhkan?
Karena jika anak kekurangan zat besi, akan mengakibatkan anemia defisiensi besi yang berdampak panjang. Ciri-cirinya berupa lemas, mudah lelah, mudah terinfeksi, daya tahan tubuh yang rendah, gangguan prestasi belajar, penurunan skor IQ hingga 6-15 poin.

Profesor gizi medik DR. Dr. Saptawati Bardosono, MSc mengatakan, "Kecukupan gizi seimbang dengan kandungan makro dan mikro nutrien termasuk zat besi penting untuk si kecil guna memastikan tumbuh kembang yang optimal. Zat besi berperan penting terhadap fungsi kognitif tumbuh kembang dan daya tahan tubuh anak, namun saat ini masih banyak anak di Indonesia yang mengalami kekurangan zat besi yang akan mengancam tumbuh kembang mereka. Berdasarkan Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2018, satu dari tiga anak balita di Indonesia mengalami anemia yang disebabkan oleh karena kurangnya asupan mikro nutrien zat besi, oleh karena itu sangat penting bagi para orang tua untuk memenuhi kebutuhan zat besi anak sejak usia dini." Berdasarkan Angka Kecukupan Gizi (AKG) yang ditetapkan Kementrian Kesehatan, bayi berusia 6-11 bulan membutuhkan sekitar 11 miligram zat besi setiap hari.


CERELAC Risenutri

Untuk mendapatkan MP-ASI yang sesuai dari teksturnya serta rasanya tentu juga yang bergizi baik, sangat merepotkan dan juga menghabiskan waktu dalam memasak membuat MP-ASI. Sekarang ini sesuai kebutuhan dan kepraktisannya, telah hadir CERELAC Risenutri bubur polos dengan 10 vitamin dan 6 mineral.

Category Marketing Manager Baby Food PT. Nestle Indonesia, Intan Nurmala Ekowati mengatakan, "Kami menghadirkan CERELAC Risenutri, bubur polos pasangan MP-ASI homemade yang difortifikasi dengan zat besi untuk mencukupi kebutuhan zat besi si kecil guna tumbuh kembang yang optimal, serta menjawab kebutuhan ibu yang ingin menuangkan rasa kasih sayangnya melalui perhatian terhadap setiap detil kebutuhan perkembangan si kecil. Dibuat dari beras berkualitas yang juga dilengkapi dengan 10 vitamin dan 6 mineral, dan mengandung kandungan zat besi yang tinggi, CERELAC Risenutri menghasilkan tekstur yang konsisten dengan rasa netral untuk memudahkan ibu memberikan cinta kasih dengan berkreasi menggunakan berbagai toping, baik yang manis maupun gurih."

"Nestle CERELAC sebagai produk bubur MP-ASI kepercayaan keluarga di Indonesia, dan telah berpengalaman lebih dari 150 tahun dalam mengembangkan produk bergizi untuk anak, berkomitmen untuk menghadirkan solusi bagi kebutuhan ibu dan anak yang sesuai jaman. CERELAC Risenutri kami ciptakan berdasarkan pengalaman kami dalam memenuhi kebutuhan gizi anak sekaligus menjawab kebutuhan fungsional dan emosional seorang ibu yang ingin memberikan dua hal terpenting bagi anak gizi yang cukup dan lengkap, serta cinta kasih ibu dalam kehidupan sikecil melalui momen bonding seperti disaat makan."


CERELAC Risenutri ini dapat dicampur dengan olahan campuran MP-ASI apa saja, bisa dengan buah-buahan yang diperas atau dilumatkan terlebih dahulu, atau pun bisa dicampurkan dengan macam-macam lauk yang telah terlumat halus seperti hati ayam, daging, ikan dan lain-lain. Bisa ditambahkan keju kesukaan si kecil atau pun campuran lainnya yang bergizi. Dengan begitu, memudahkan para ibu dalam menyiapkan MP-ASI. Cukup menyeduh CERELAC Risenutri dengan air hangat dan dapat diatur untuk teksturnya.


Dengan adanya CERELAC Risenutri ini membuat kedekatan ibu bersama si kecil makin sering dilakukan, karena yang terpenting itu bonding time dibanding masak time, itulah salah satu pendapat yang dikatakan seorang celebrity sekaligus sebagai ibu yaitu mom Sarwendah. Dia pun juga mengatakan, "Ketika menyiapkan MP-ASI homemade untuk anak pertama saya Thalia dulu, saya merasa kesulitan  ketika memasak bubur. Kadang hasilnya terlalu kental atau terlalu encer, sehingga sering kali Thalia tidak mau makan. CERELAC Risenutri dengan rasa netral sangat memudahkan proses menyiapkan MP-ASI homemade, dan tentu akan membantu ibu-ibu seperti saya dalam memberikan cinta kepada si kecil dengan berkreasi berbagai resep."

Yuk ibu-ibu berikan gizi yang terbaik untuk si kecil dengan memberikan MP-ASI homemade yang praktis dan membuat lebih banyak bonding time dengan sikecil.


Tentang Nestle CERELAC

Nestle CERELAC adalah pendamping ASI (MP-ASI)  yang percaya bahwa setiap anak berhak untuk tumbuh sehat. Perjalanan Nestle CERELAC berawal lebih dari 150 tahun yang lalu ketika Henri Nestle pendiri perusahaan ini, menciptakan bubur bayi untuk menolong nyawa seorang anak tetangganya. Bubur bayi inilah yang menjadi cikal bakal Nestle CERELAC hari ini.



Sebagai merk terkemuka di Indonesia dan dunia, Nestle CERELAC senantiasa bekerja sama dengan para ahli nutrisi di selurun dunia untuk mengembangkan produk, serta melakukan edukasi pada para ibu dan tenaga kesehatan dalam rangka meningkatkan kualitas hidup masyarakat dan berkontribusi untuk masa depan yang lebih sehat.

27 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Dulu suka ribet bikin MPASI bayi, tapi tetap dipaksa karena ingin mencukupi nutrisi mereka. Sekarang praktis dengan serelac ricenutri ya mbak. Tinggal tambah toping aja.

    BalasHapus
  3. Anakku baru aja masuk mpASI mba Selvi. Kayaknya cerelac ini bakal aku cobain pas nanti aku kepengen variasiin mpASI si kecil deh.. liat gizi nya juga pas..

    BalasHapus
  4. zaman sekarang sangat dimudahkan ya. kalau tidak memadai produksi susu, bisa mencari alternatif lain lewat produk2 sejenis. sehat2 ya, para ibu muda..

    BalasHapus
  5. Brand Nestle memang sudah terpercaya & mutunya terjamin. Yakin kalau pakai brand Nestle

    BalasHapus
  6. Penting banget ini MPASI kaya zat besi spt Cerelac ini. Zat besi amat sangat dibutuhkan utk mencegah stunting pd 1000 hari pertama anak.

    BalasHapus
  7. Aku dulu juga kasih MP-ASI keanakku ya tapi itu repot banget musti blender dulu semua bahan mentahnya, ini praktis banget ya sekarang ada produk dari Nestle Cerelac Risenutri..

    BalasHapus
  8. Asi memang penting, tetapi menunjang makanan bayi seperti produk bayi memang bagus untuk anak

    BalasHapus
  9. Sekarang lebih praktis menyiapkan makanan pendamping Asi. Dan menurutaku kandungan gizi dan vitaminya juga jadi terukur

    BalasHapus
  10. Kalau makanan bayi instan seperti bubur bayi cerelac ini emang kelebihannya adalah fortifikasi zatnya lengkap termasuk pemenuhan zat besinya. Dulu soalnya anakku kena ADB pas hanya kukasi homemade food. Akhirnya ma dokter diresepkan bubur bayi yang difortifikasi juga plus pengobatan buat terapinya tentu saja. Yg penting pilih makanan yang jelas bagus kualitasnya ya mbak :D

    BalasHapus
  11. Cerelac ini salah satu merk ygvaku pake pas anak2 masih mpasi.
    Sekarang anak2 dah gede. Dahbikut menu masakan rumah

    BalasHapus
  12. Ini kresianya dijamin sangat menyehatkan dan pastinya terpenuhi kebutuhan nutrisi anak ya, Mbak Selvi. karena Asi dipadukan cerelac, lalu banyak varian rasa yang bisa disesuaikan. Jadi bayi juga tidak bosan.

    BalasHapus
  13. aku sukaa..aku suka banget cerelac..tapi faiz malah ngga doyan. padahal rasanya enak dan susunya berasa banget. sepertina beda selera sama my baby nih aku

    BalasHapus
  14. Saya menyiapkan MPASI sendiri, Mbak. Menu harian kami saja. Caranya diblender kasar lalu direbus sebentar. Tapi kadang saya selingi MPASI pabrikan Cerelag salah satunya

    BalasHapus
  15. Mudah dan praktis banget ya mbak... Jadi inget dulu pas adik saya masih kecil, saya cemilin MPASI yang dibikin ibu. Enak banget cerelac ini

    BalasHapus
  16. Dulu nih, biasanya MPASI biasanya dikasih ketika pula posyandu. Sisanya makanan biasa, bubur yang dbuat dari nasi. Itu kata ummi dulu, tetapi selalu ada telur atau sayuran di buburnya

    BalasHapus
  17. KEluargaku selalu pake NEstle dong :) Aku sampe gede gini kadang2 suka nyemilin makanan bayi haha. Semoga nggak berefek buruk ya ke tubuh

    BalasHapus
  18. Waktu mpasi anak saya dulu, saya suka buat sendiri. Tapi saat bepergian, cerelac ini jadi bawaan wajib sebagai bekal di jalan.

    BalasHapus
  19. wuah aku belom pernah nyobain brand cerelac euy. tfs kak. ulasannya jadi buat aku pengen nyobain cerelac ke anak ku.

    BalasHapus
  20. Aku sepakat bangets nih sama Mom Sarwendah, perlu pilih CERELAC Risenutri ini karena akan membuat kedekatan ibu bersama si kecil makin sering dilakukan, karena yang terpenting itu bonding time dibanding masak time. CERELAC Risenutrisi beneran bisa jadi solusi

    BalasHapus
  21. MPASI praktis sehat dan kaya gizi.. bagus nih baut ju rekomendasiin ke adekku, karna sekarang ponakanku udah masuk usia MPASI.. Cerelac Risenutri juga punya rasa yg enak jd anak2 suka..

    BalasHapus
  22. Nah, aku termasuk emak-emak yang ribet nih kak soal MPASI. Pengennya masak sendiri. Tapi, pas baca ini dan ada yg praktis, terbantu banget ya. Apalagi kandungannya juga bagus banget buat pertumbuhan si kecil. Recommended nih!

    BalasHapus
  23. Alhamdulillah saya sudah menerapkan MPASI dengan (insyaalah) benar kepada kedua anak saya. Begitupun dengan cerelac yang telah saya kenal sejak saya belum punya anak. hehehe. Jadi udah percaya aja kalau cerelac baik untuk bayi

    BalasHapus
  24. jaman dah modern sekarang serba praktis banget ya, ga pake rempong bikin bubur, kandungan cerelac bergizi pula. cocok nih buat milenial mom :)

    BalasHapus
  25. Wah makin praktis nih makanan pendamping ASI jadi makin mudah dan praktis. Ibu2 tak perlu khawatir lagi

    BalasHapus
  26. Jaman modern soal makanan anak banyak perubahan juga ya mbak. Lebih praktis. Ngebantu mom banget

    BalasHapus
  27. sekarang semakin mudah ya kalau mau membuat mp-asi. ingat dulu waktu membuat mp-asi buat keponakan, lumayan pakai ribet, heboh dan serumah hahaha

    BalasHapus