Senin, 12 Februari 2018

KELAS BLOG

Dari dulu sebenernya suka nulis, tapi awalnya masih nulis-nulis seperti curhat gitu, ya tentunya tulisan tersebut hanya untuk pribadi.

Tahun 2006 aku di ajak teman mengikuti kegiatannya, ternyata temanku itu anggota dari FLP (Forum Lingkar Pena), itu adalah komunitas untuk para pencinta dan hobi menulis. Awalnya aku ga tertarik untuk ikutan, setelah mendengar pembicaraan mereka membahas tentang blog, aku penasaran tuh. Disana diberitahukan kegunaan blog, cara membuat blog, dan isi di blog. Dari situlah aku mulai membuat blog, buat sendiri sih tanpa didampingi yang mahir atau ikutan Kelas Blog, hanya berbekal info yang di dapat dari komunitas tersebut.


Jadilah blog pertamaku.....pada masa awal, blog ku hanya untuk pribadi, karena memang ingin menulis kisah pribadi, dan belum percaya diri kalau menulis tentang umum.

Dari menulis timbullah rasa tenang, setelah menulis rasanya semua tercurahkan. Namun, memang ilmu aku dalam menulis masih minim, dan sekedar menulis saja, karena aku masih ingin konsumsi sendiri semua tulisanku itu.

Hingga suatu saat, ada momen-momen tertentu yang ingin aku tuliskan, tapi rasanya momen tersebut tampaknya memang layak di set publik. Dan akhirnya aku mencoba membuat blog baru khusus untuk publik, dan isinya aku mulai dengan tulisan momen-momen bahagia yang aku alami.

Selama ini aku menulis terus, tanpa ada ilmu tambahan, dan aku juga ga ada fikiran untuk mendapatkan ilmu blog. Dulu pokoknya yang aku tahu itu blog untuk mengisi tulisan apa saja selama tulisan itu bermanfaat.

Berawal dari sebuah komunitas, dari situlah aku mengenal para blogger, dari mulai blogger baru, blogger profesional bahkan blogger yang sukses. Dan sekarang kebanyakan temanku dari komunitas rata-rata seorang blogger. Aku ga memandang dia newbie atau sudah expert, aku mau kenal siapa aja. Tapi dari semua teman blogger, belum ada yang menawarkan membagi ilmunya dalam nge-blog, minimal ilmu dasarlah. Yang aku sering lakukan untuk mereka adalah selalu buka blog mereka dan ikut komen disana, tapi beneran itu sama sekali aku belum mengerti ilmu blogging sebenarnya.

Saat bergabung di komunitas bunda smart "mombassador", bertambahlah teman bloggerku. Bermacam-macam teman blogger, ada yang selalu share blognya dan meminta untuk dikomen blognya, okelah aku ikuti, dan sekalian melihat hasil tulisan dari mereka, memang tulisannya kerenlah, tidak seperti aku yang biasa-biasa saja.

Belum sampai disitu, ada satu teman yang beda nih, awalnya aku juga tidak begitu mengenalnya alias ga akrab, ternyata dia menawarkan program Kelas Blog, yang diberi nama 30 Hari Jago Blogging. Wah aku tuh surprise banget ada yang mau membagi ilmunya, dan ternyata banyak yang antusias ingin ikut Kelas Blog ini, dari sekian banyak komentar yang ingin mendaftar program Kelas Blog tersebut, membuat aku agak pesimis untuk bisa terpilih. 

Setelah menunggu beberapa hari, Alhamdulillah aku terpilih peserta dalam program Kelas Blog "30 Hari Jago Blogging". Happy donk tentunya, aku penasaran juga sebenernya apa yang dibahas, yang aku tau pastinya blog cuma gitu aja, isinya tentang tulisan kita.

Setelah masuk grup whatsapp khusus Kelas Blog, dimulailah pembahasan dasar mengenai blog.

Day 1 NICHE BLOG
Apa itu niche blog?

Niche blog bisa dikatakan sebagai kategori atau jenis blog. Misalkan blog keuangan, kesehatan, parenting, travel, kuliner, dan lain sebagainya. Blog yang berniche itu biasanya ya memiliki salah satu dari kategori seperti yang saya sebutkan di atas.

Berfungsi untuk kemudahan orang lain untuk mengingat branding/diri kita dan kemudahan orang untuk mencari konten
Misalkan, kita memiliki blog berniche Traveling. Tentunya orang yang terjaring masuk ke dalam blog kita adalah orang yang sedang mencari referensi mengenai tempat wisata, hotel, cara membuat paspor, dan lain sebagainya.

Berbeda dengan blog gado-gado atau life style. Biasanya pembahasan dalam blog terkesan “tidak jelas” tapi tetap memiliki satu benang merah. Misalkan, tulisan di blog dibahas melalui sudut pandang sebagai seorang ibu 2 orang anak, ibu dengan 5 orang anak, atau sebagai ibu bekerja dan lain sebagainya.

Apa keuntungannya memiliki niche blog?

Tentunya traffict, pengunjung akan lebih sering datang dan membaca banyak artikel karena artikelnya saling terkait satu sama lain.

Tapi kelemahannya adalah RASA BOSAN. Yaps. Menulis satu macam tulisan yang itu-itu aja akan membuat kita jenuh untuk terus menuliskannya.

Apa keuntungan memiliki blog gado-gado atau lifestyle?

Akan lebih banyak bahan yang kita bisa tulis di blog, karena kita tidak membatasinya. Tapi sebenarnya bisa diakali dengan beberapa label atau kategori dalam blog, jadi ya gak semua juga ditulis.  Adapun kelemahannya adalah traffict yang tidak terlalu banyak. Karena jika ada satu orang yang terjaring di dalam blog kita, dia hanya membaca satu tulisan saja karena artikel di dalam blog kita tidak terkait satu sama lain.

Selain itu, niche blog juga akan menjadi bahan pertimbangan untuk menentukan audience dari blog kita. Siapa yang kira-kira akan membaca blog kita? Laki-laki atau perempuan? Berapa rentang usianya? Dan lain sebagainya.

Day 2 MEMBUAT DESAIN BLOG
 MEMBUAT DESAIN BLOG


Blogging sekarang sudah sangat mudah ya. Banyak sekali platform yang bisa kita gunakan untuk membuat blog, seperti blogspot, wordpress, tumblr, atau bahkan membuat domain sendiri.

Pilih salah satu platform yang kamu suka. Tapi dalam pelatihan ini, saya sarankan untuk menggunakan blogspot. Kenapa? Agar lebih memudahkan kita untuk saling sharing mengenai teknis membuat atau mendesain blog.

Sehingga waktu kita akan lebih efektif dan efisien jika menggunakan platform yang sama.

Dari sinilah aku memulai membuat blog baru
Blog baru aku yang lebih terarah

Day 3 to Day 10
ONE DAY ONE POST SELAMA 7HARI

Disesi inilah kita mengerjakan tulisan 1judul perhari selama 7hari. Tulisan pertama dimulai menulis tentang kita sendiri, dan tulisan selanjutnya bebas menulis apa saja. Ternyata dari situ ada tantangan untuk bisa rajin menulis, dan jadi banyak keluar ide-ide tulisan, biasanya dulu kadang-kadang aja kalau lagi mood baru deh pengen ketak ketik tulisan.

Day 11 to Day 15
DITUGASKAN KOMEN DAN SHARE TULISAN
Jadi setelah semua selesai mengerjakan odop masing-masing 7 judul, di sesi inilah saatnya kita para peserta Kelas Blog mengomentari semua tulisan teman-teman. Lumayan sih banyak juga yang harus dikomentari, tapi jadi lebih semangat melihat tulisan kita jadi banyak yang mengomentari.
Setelah selesai komentar, selanjutnya para peserta Kelas Blog ditugaskan Share tulisan kita di medsos khususnya di Facebook dan saling mengetag. Ilmu blogging mulai bertambah lagi 😊

Day 16 to 17
GABUNG KOMUNITAS BLOGGER

Kata Sifu kita nih keuntungan gabung Komunitas Blogger tujuannya sendiri adalah untuk membangun jaringan antar sesama blogger, dan tentunya dengan berkomunitas, kita akan memiliki banyak jaringan pertemanan, informasi, ilmu, bahkan mungkin pekerjaan yang bisa dilakukan via blog. Bener sih, aku sering liat postingan di komunitas tersebut, ada yang memberi peluang kesempatan untuk mengikuti pelatihan-pelatihan yang berhubungan dengan blog, banyak deh informasi lainnya di komunitas blog, serta jadi banyak teman juga.

Day 18 to 19 Holiday, istirahat untuk weekend...

Day 20 to Day 24
BAHAS SEO (Search Engine Optimization)

Membuat blog atau web kita bisa tampil di urutan pertama pencarian google. Ternyata untuk bisa seperti itu, ada syarat tulisan yang harus diperhatikan. Harus ramah SEO, dan di Kelas Blog inilah membahas cara tulisan kita bisa ramah SEO. Beneran aku baru tahu tentang ini, pantas saja dulu penasaran kenapa tulisanku ga keluar di google 😂

Day 25
TUGAS MEMBUAT REVIEW KELAS BLOG "30 HARI JAGO BLOGGING"

Seperti biasa kita membuat tulisan tentang review Kelas Blog "30 Hari Jago Blogging"

Wah sudah hampir selesai Kelas Blog kita, sudah mau ke 30 hari. Banyak ilmu yang aku dapatkan, ternyata aku ini benar-benar belum banyak tahu kalau blogging itu ada syarat-syaratnya agar layak dibaca publik, bukan hanya sekedar corat coret atau ketak ketik saja.
Aku beruntung banget bisa gabung di Kelas Blog ini, aku jadi mendapat motivasi untuk mau memulai menulis lagi. Sekarang punya alamat Blog baru yang lebih rapih, dan lebih terarah, jadi ada rasa percaya diri untuk bisa Share hasil tulisanku.
Yah memang belum berharap banyak untuk mendapatkan komentar dari orang lain, tapi setidaknya aku terus ingin belajar.
Selama Kelas Blog berlangsung, sebenarnya sih tidak ada paksaan dan keberatan dalam mengerjakan tugas, justru aku enjoy dalam menulis, ada semangat sepertinya.
Cuma masih ada beberapa singkatan yang masih belum kuhafal, kadang lupa juga 😂, karena itu chat WAG Kelas Blog mengenai pengertian dan penjelasan mengenai blog atau google aku bintangin, biar ga hilang.
Berharap setelah selesai Kelas Blog "30 Hari Jago Blogging" semoga akan diadakan lagi Kelas Blog lanjutan 😊

Terima kasih buat Sifu yang udah mau membagi ilmunya, semoga menjadi pahala yang berlimpah....Aamiin.

2 komentar: