Senin, 03 Juni 2019

Tips Mudik Sehat, Aman dan Selamat



Bulan Puasa akan segera berakhir, dan sebentar lagi juga akan menyambut hari kemenangan, yaitu hari raya Idul Fitri.
Pastinya seluruh umat muslim sangat menyambut dengan gembira di hari raya, selain dengan persiapan keperluan saat lebaran, ada persiapan lainnya yaitu persiapan untuk mudik atau pulang kampung.

Sudah menjadi tradisi masyarakat disetiap tahun, bahwa setiap menjelang hari raya Idul Fitri, mayoritas masyarakat lebih memilih mudik merayakan lebaran di kampung halaman.

Dan sudah pasti, segala persiapan seperti tiket perjalanan maupun persiapan kendaraan pribadi menjadi prioritas utama dalam perjalanan mudik.

Namun dari tahun ke tahun, setiap musim mudik seperti sekarang ini selalu memakan korban, entah itu korban kecelakaan, korban kecopetan atau penipuan dan lain-lain. Ditahun ini untuk meminimalisir angka kecelakaan lalulintas pada saat musim mudik, diadakannya sebuah sosialisasi mengenai perjalan mudik yang aman dan nyaman.

Dalam kesempatan kali ini, kemenkes dan kemenhub mengadakan Talkshow santai dengan tema "Ngabuburit Sehat, Mudik Aman, Selamat, Sehat Sampai Tujuan"

Photo from twitter BloggerCrony


Acara ini diadakan di Stasiun Gambir, Jakarta Pusat. Dan dihadiri dengan narasumber langsung dari Menteri Kesehatan Ibu Nila Moeloek. Serta hadir Sekjen Kemenhub, Dirjen Kesmas, Dirjen Yankes.

Dan peserta yang hadir dari berbagai Komunitas, Blogger dan masyarakat sekitar, tujuannya untuk bersama-sama mengedukasi untuk perjalanan mudik yang aman, sehat, dan selamat.

Berikut beberapa tips Mudik Aman dan Selamat....
1. Siapkan fisik yang sehat dan prima sebelum mudik.
Mudik memakan waktu perjalanan, bagi yang membawa kendaraan sendiri tentunya harus dengan tubuh yang prima, bahkan untuk yang hanya sebagai penumpang juga harus sehat, agar sampai kampung halaman tetap sehat.

2. Periksa kondisi kelayakan kendaraan.
Sebelum melakukan perjalanan menggunakan kendaraan pribadi, ada baiknya kendaraan yang akan digunakan di periksa terlebih dahulu, untuk mengetahui kondisi kendaraan dan kerusakan kendaraan. Pastinya akan terpengaruh pada perjalanan yang aman dan selamat.

3. Sebelum dan selama mengemudi tidak minum-minuman keras dan obat yang menyebabkan ngantuk.
Seperti dijelaskan di awal, bahwa kondisi harus tetap sehat dan prima, untuk meminimalisir angka kecelakaan pada saat perjalanan. Karena bila kondisi mengantuk bisa saja tidak konsentrasi saat mengendarai kendaraan.

4. Istirahat tiap 4 jam perjalanan.
Sudah tersedia rest area untuk para pemudik, namun jangan jadikan rest area tempat wisata yang menyebabkan rest area menjadi padat. Dan hati-hati mengantuk menjadi penyebab utama pada kecelakaan.

5. Jangan paksakan mengemudi bila lelah dan mengantuk.

Photo from twitter BloggerCrony


6. Disiplin dan patuhi rambu lalu lintas.
Agar perjalanan aman dan teratur, tentunya mematuhi rambu lalu lintas yang ada di sepanjang perjalanan.

7. Kendalikan kecepatan kendaraan terutama pada kondisi jalan rusak atau bergelombang, saat hujan dan cuaca buruk.
Kondisi seperti inilah juga perlu diperhatikan, bisa saja jalanan menjadi licin saat hujan.

8. Kendaraan tidak melebihi muatan dan menyalahi peruntukannya.
Seperti naik motor untuk mudik, pastikan hanya untuk maksimal 2 orang, dan tidak membawa barang-barang berlebihan demi keselamatan saat berkendara. Untuk mobil pribadi pun sama, sesuaikan jumlah penumpang dan barang bawaan.

9. Gunakan masker dan lindungi diri dari asap, debu dan polusi.
Sangat baik untuk kesehatan para pemudik untuk tetap mendapatkan udara yang bersih, dengan masker dapat melindungi diri dari udara kotor akibat asap kendaraan dan debu.

10. Tidak menerima makanan atau minuman yang diberikan oleh orang yang tidak dikenal.
Untuk menghindari dari diri dari kejahatan, tetap waspada.

11. Pilihlah jajanan yang bersih, jika membawa bekal pilih makanan yang tidak cepat basi.

12. Lihat tanggal kadaluarsa bila membeli makanan dan minuman kemasan.
Teliti sebelum membeli, apalagi membeli makanan atau minuman kemasan. Karna berpengaruh dengan kesehatan.

13. Cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir sebelum dan sesudah makan.

14. Konsumsi makanan atau minuman yang bersih dan sehat.
Selama perjalanan mudik perlu untuk tetap menjaga kesehatan, makanlah makanan yang sehat, konsumsi buah dan sayur serta air yang cukup.

15. Buanglah sampah pada tempatnya.

16. Buang air kecil atau besar di toilet yang tersedia.

17. Tidak menggunakan gadget selama berkendara. Karena nantinya konsentrasi dalam mengemudi akan terpecah yang dapat mengakibatkan kecelakaan.

18. Bila sakit manfaatkan pos kesehatan terdekat.
Sudah tersedia pos kesehatan di setiap jalur mudik sekitar 4.067 pos kesehatan. Jika merasa lelah atau merasa kurang sehat lebih baik periksakan diri di pos kesehatan, dan semua pelayanannya gratis.

Saat ini Kemenkes juga menyediakan posko khusus untuk Ibu hamil dan Ibu menyusui di beberapa rest area, sehingga yang ingin menyusui bayi saat sedang istirahat dapat menggunakan posko ini.
Mudik yang membawa balita pun harus extra hati-hati dan waspada, karena bayi mudah lelah dan menjadi mudah rewel saat diperjalanan, serta bayi mudah terkena infeksi penyakit, pastikan keselamatan dan kesehatan untuk seluruh keluarga.

Photo from twitter BloggerCrony

Mudik bukan perjalanan yang ringan, karena arus mudik ini akan banyak kendaraan dan angkutan umum yang membuat macet dijalan, juga rentan dengan kecelakaan, karena itu pentingnya untuk selalu menjaga keselamatan dan juga kesehatan. Karena itulah Kemenkes dan kemenhub selalu memperhatikan kebutuhan para pemudik dengan membuat posko-posko mudik di jalur mudik dan rest area dan dapat dimanfaatkan oleh semua pemudik demi kelancaran dan keselamatan para pemudiknya.

Sampai ditujuan kampung halaman, keluarga berkumpul dan bahagia dalam menyambut hari lebaran. Karena itu yuk lakukan tips mudik dengan sebaik-baiknya, jangan sampai terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

Selamat Mudik......
Dan selamat merayakan Idul Fitri di kampung halaman.

23 komentar:

  1. Nah iya penting nih acara ini biar para pemudik tau pentingnya keselamatan dalam berkendara itu untuk semua pemakai jalan bukan untuk diri sendiri/klrga saja. Jadi klo emang ngantuk yaa istirahat jangan di paksakan. Rest area juga banyak n nyaman kan

    BalasHapus
  2. Pemudik dengan kendaraan pribadi harus istirahat kalau emang cape, sudah banyak rest area yang disediakan. Kalau emang ngga kuat jangan dipaksain bawa kendaraan pribadi deh, mending pake kendaraan umum aja

    BalasHapus
  3. Lengkap sekali tips di atas. Yang pasti, para pemudik harus meningkatkan kewaspadaannya di jalan raya mengingat hari ini jalur balik makin padat.

    BalasHapus
  4. mudik emang capek ya kak, tapi kesehatan dan keamanan harus tetap terjaga. semoga selamat sampai tujuan kaa

    BalasHapus
  5. Pasti seru nih acaranaya. Makasih bgt buat tips mudiknya

    BalasHapus
  6. Mudik kemarin Alhamdulillah lancar dan tanpa halangan. Malah sempet baper karena nggak macet sama sekali, haha. Makasih tipsnya ya, Kak. Penting nih buat yang sering mudik kaya aku

    BalasHapus
  7. Poin nomor 10 bener banget dan kadang terlupakan. Saya juga udah gak mau lagi menerima makanan atau minuman yang diberikan oleh orang yang tidak dikenal sejak dulu, takut

    BalasHapus
  8. penting nih acara ini biar para pemudik tau pentingnya keselamatan dalam berkendara itu untuk semua pemakai jalan bukan untuk diri sendiri/klrga saja.

    BalasHapus
  9. Pemerintah makin peduli terhadap pemudik bukan hanya memberikan fasilitas bis gratis aja tetapi juga memberikan fasilitas pos buat ibu dan balita.

    Tetap sehat dan selamat sampai tujuan

    BalasHapus
  10. Ya ampun banyak pr pr yang harus Miss jalani saat mudik. Keselamatan sangat penting agar tidak jadi mayat saat sampai di kampung

    BalasHapus
  11. Ada 18 item yg harus diperhatikan ketika mudik ya, aku baru pulang kampung nih, terima kasih infonya.

    BalasHapus
  12. Istirahat dan makan teratur pas mudik sangat perlu.. Pinter-pinter juga untuk mengatur kapan harus ke toilet, karena kan penting juga

    BalasHapus
  13. Aku enggak pernah mudik karena aku tinggal dikampungku sendiri tetapi kalau kemana-mana jauh kudu fisik oke banget sih agar fresh diperjalanan

    BalasHapus
  14. alhamdulillah aku mudik dari kab.bogor ke jakarta malah sepi hehehe

    BalasHapus
  15. Noted.. Thank you for sharing Mbak..

    Tahun ini kami belum mudik, semoga tahun depan bisa mudik lebaran. Kangen suasana mudik, hehe

    BalasHapus
  16. Aku salah satu perantau yang setiap lebaran harus mudik. Hahahha terimakasih kak infonya membantu sekalii��

    BalasHapus
  17. wuah thankyou for sharing kak, ku salah satu yg selalu mudik tiap beberapa bulan

    BalasHapus
  18. Bermanfaat bgt tips nya buat yg suka mudik. Keselamatan pemudik perlu bgt diperhatikan oleh diri pemudik itu sendiri. Sedih ngeliat pemudik yg kecelakaan. :(

    BalasHapus
  19. Keren amat ih sampe ada acara khusus kaya begini kak. Btw baca ini sekarang jadi buat aku pengen mudik lagi haha

    BalasHapus
  20. Tipsnya berguna banget nie kak untuk mudik, lengkap Dan detail banget

    BalasHapus
  21. Nah ini tuh penting banget memang buat keselamatan bersama jangan sampe egois. Kendaraan harus diperiksa dulu dan jangan saling membahayakan. Bermanfaat banget nih infonya

    BalasHapus
  22. Sebuah pencerahan yang sering terlupakan bagi mereka yang ingin mudik, karena sering terjadi yang dipikirkan hanya bagaimana bisa mudik cepat sampai di kampung tanpa persiapan yang memadai. Khususnya masalah kesiapan dan kesehatan fisik dan pengetahuan tentang peraturan berlalu lintas.

    BalasHapus
  23. 18 poin penting saat mudik yang membantu, tfs ya!

    BalasHapus