Selasa, 21 Januari 2020

Belajar Memasang Sanggul Puspa Sari



Dunia Tata Rias sebetulnya hal yang sudah biasa dilakukan oleh para wanita, tapi untukku merupakkan hal yang baru, karena selama ini hanya tau make up untuk diri sendiri saja.

Untuk itu aku mencoba hal tersebut dengan mengikuti sebuah pelatihan khusus Rias Pengantin. Memang menjadi tantangan baru untukku, namun kedepannya kalau sudah mahir bisa dijadikan bisnis. Aamiin.....doakan saja.

Pelatihan Tata Rias.


Pelatihannya diadakan dari Dinas pemerintah setempat, dirujuk kesebuah Lembaga Pelatihan Kerja (LPK)yang melaksanakan pelatihan selama kurang lebih 3 bulan. Selama pelatihan semua alat dan bahan sudah di siapkan dari LPK, dan semua peserta tidak dipungut biaya. Kesempatan emas untuk dapat meningkatkan skill.

Jadi kali ini aku mengikuti sebuah pelatihan Tata Rias Pengantin untuk model pengantin Sunda Siger.
Pelatihan berlangsung selama 3 bulan, yang dimulai dari bulan Desember 2019 - Februari 2020
Bertempat di LPK YUNI SALON, Jakarta Utara.

Pelatihan di jadwalkan setiap hari Selasa, Kamis dan Jumat
Mulai Pkl 9.00 pagi - 12.00 siang.

Nah...saat ini aku sedang mempelajari cara penggunaan sanggul Puspa Sari, sanggul yang biasa di gunakan pada pengantin Sunda Siger.

Sebelum melakukannya, dipersiapkan alat-alat yang akan digunakan, meliputi :

Cemara
*Sisir sasak
*Sisir sikat
*Harnel besar
*Jepitan bebek
*Jepitan lidi
*Karet gelang
*Harnet
*Cemara (rambut yang akan dijadikan sanggul)


Mengenakan sanggul Puspa Sari sebetulnya sudah ada yang terbentuk atau instan, namun di pelatihan ini masih manual agar para peserta tau bagaimana proses menyanggul yang benar dan rapi.

Langkah pertama :
Rambut disisir rapi, lalu membuat belahan rambut mulai dari belakang kuping kanan ke kuping kiri.
Lalu rambut bagian belakang diikat dengan karet, tinggi ikatan dari tengkuk sebesar 4 jari.



Langkah kedua :
Rambut bagian atas dibagi 3 bagian, yang tengah diberi jarak 4 jari untuk memisahkan rambut bagian kanan dan kiri dan jepit masing-masing.
Menyasak rambut dimulai dari tengah rambut, disasak mulai dari depan sedikit demi sedikit menggunakan sisir sasak.
Sasakan yang bagus kalau dipegang terasa padat. Sasak seluruh rambut bagian atas.



Langkah ketiga :
Setelah menyasak rambut selesai, rambut yang telat disasak, di bentuk sambil disisir kebelakang dan jepit bagian belakang. Untuk bagian kuping, bentuk Jabing, rambut menutup 3/4 kuping dengan membentuk lekukan dan jepit. Lalu gunakan harnet untuk menutupi hasil rambut sasakan yang telah rapi. Pada tahap awal masih belum menggunakan hair spray.


Langkah keempat :
Memulai proses pemasangan Sanggul Puspa Sari. Sebelumnya rambut Cemara yang sudah tersedia, dirapikan terlebih dahulu.
Setelah rapi dan bervolume, pasang ujung cemara dijepitkan ke rambut yang diikat. Lalu rambut melingkari ke arah kanan, saat ditengah dijepit kembali lalu dilanjutkan melingkari hingga bertemu ujung rambut awal.
Berikut video tutorialnya langsung dari guru yang sedang mencontohkan.
Setelah terpasang, jepit pinggiran sanggul ke rambut dengan jepitan lidi agar terlihat lebih menempel. Lalu harnet bagian depan ditarik menutupi sanggul yang telah dirapikan. Untuk tau lebih jelasnya dapat menyaksikan cuplikannya di Channel You Tube aku.

Bisa lihat videonya disini

Untuk tahap pembelajaran, sampai disini sudah cukup, selanjutnya nanti akan diajarkan menyisipkan hiasan rambut seperti bunga dan aksesoris sanggul.



Untuk kelas hari ini khusus membahas Sanggul Rambut, karna jika diajarkan sekaligus akan keteteran dan tentunya ga maksimal. Next day, akan ada jadwal khusus make up pengantin.
Make up pengantin, beda dengan make up biasanya, karena make up disini menggunakan metode Pakem yang biasa digunakan pengantin Sunda Siger, identik dengan warna eyeshadow yang lebih terang.

Sedikit berbagi ilmu , tentunya yang belum bisa dan terbiasa bagi yang ingin dapat melakukan penyanggulan. Semoga tulisan dan video dapat membantu.

1 komentar:

  1. mantap sangat membantu bagi mahasiswa jurusan Tata Rias matkul TRP NUSANTARA , terima kasih My way to Say

    BalasHapus