Jumat, 04 Oktober 2019

APWI 2019 Pengaruh Pada Wisata Indonesia

Wisata Indonesia dalam APWI 2019


Indonesia kaya akan budaya dan keindahan disetiap wilayah yang tersebar diseluruh nusantara. Wisata Indonesia penuh akan keindahan dan kebudayaannya yang sangat menarik untuk dinikmati dan dipelajari oleh semua wisatawan. Untuk dapat mengetahui keindahan tersebut, butuh akan informasi visual mau pun tulisan.

Karena itu banyak artikel mau pun karya konten melalui tulisan dan media televisi yang mengenalkan dan mempromosikan kebudayaan dan keindahan Indonesia. Dengan begitu banyak masyarakat menjadi tahu dan kenal dengan keindahan Indonesia melalui informasi wisata Indonesia yang terkenal Indah dan mempesona.

Dari banyaknya karya konten mengenai wisata Indonesia, karena itulah Kementrian Pariwisata melalui Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya memberikan apresiasi kepada para pewarta dan blogger dengan menyelenggarakan penghargaan Anugerah Pewarta Wisata (APWI) 2019 dengan karya terbaik seputar Millennial Tourism. Pelaksanaan APWI 2019 kali ini merupakan kerjasama Kementerian Pariwisata dengan Tiket.com.

APWI 2019 ini telah terselenggara ke 16 kalinya, yang diadakan di setiap tahunnya. Kali ini APWI 2019 mengambil tema "Millennial Tourism" menjadi tema utama dalam rangka meningkatkan kunjungan wisatawan milenial.

Acara APWI 2019 ke XVI terselenggara di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona Jakarta, kantor Kementerian Pariwisata (Kemenpar), pada Rabu siang tanggal 21/10/2019. Yang dihadiri oleh Menteri Pariwisata Arief Yahya. Beliau mengatakan "Millennial Tourism adalah pasar kita mendatang,  kita harus memenangkan wisatawan generasi milenial yang semakin mendominasi wisman yang berkunjung ke Indonesia."

Selain itu pemberian penghargaan APWI 2019 merupakan bentuk apresiasi Kemenpar kepada para pewarta pariwisata atas karya tulisan dan tayangan televisi terbaik mereka seputar Millennial Tourism sebagaimana tema utama dan Destinasi  Super Prioritas yang mendapat perhatian khusus pemerintah.

Ada 7 kategori pemenang yang di umumkan pada acara APWI 2019 yaitu

  1. Kategori Blogger
  2. Kategori Media Online
  3. Kategori Media Cetak Koran
  4. Kategori Media Cetak Majalah
  5. Kategori Media Televisi
  6. Kategori Khusus
  7. Best of The Best


Wisata Indonesia best of the best APWI 2019
Karya Best of The Best dimenangkan oleh
Travel Addict, GTV.


Plt. Kepala Biro Komunikasi Publik Kemenpar Guntur Sakti melaporkan, lomba APWI 2019 diikuti peserta masing-masing kategori yaitu

  • - Majalah 28 karya.
  • - Surat kabar 40 karya.
  • - Televisi 73 karya.
  • - Blog 92 karya.
  • - Media online 117 karya.
  • - Kategori khusus 79 karya.


Total hadiah yang diberikan untuk pemenang senilai Rp.500juta serta voucher liburan dengan total nilai sebesar Rp.31 juta dari tiket.com. hadiah tersebut untuk karya juara 1, 2, 3, dan harapan 1, harapan 2.
Khusus untuk karya Best of The Best dengan hadiah mencapai Rp.100 juta.

Kemajuan pariwisata sangat ditentukan oleh peran serta dan dukungan dari semua elemen, terutama peran media dalam menyebarkan informasi kepada wisatawan. Informasi yang disampaikan media menjadi promosi yang efektif serta dapat mendorong minat wisatawan melakukan perjalanan antara lain mengunjungi destinasi digital di tanah air.

Wisata Indonesia di APWI 2019
Penampilan Menpar Arief Yahya


Acara APWI 2019 di meriahkan dengan tarian daerah 5 destinasi. Juga tak kalah serunya, Menpar Arief Yahya tampil bernyanyi didepan para undangan acara APWI 2019, dan dilanjut dengan pidato sambutan serta membacakan pemenang karya Best of The Best.

Dengan tema wisata milenial, Menpar Arief Yahya berharap kinerja sektor pariwisata Indonesia semakin baik termasuk dalam upaya memenuhi target kunjungan 18,5 juta wisman tahun ini di mana lebih dari 50 persen datang dari kalangan kaum milenial. Selain Millennial Tourism, program pengembangan Destinasi Super Prioritas menjadi tema lomba dan mendapat penghargaan khusus.

Pemberian apresiasi ini diharapkan dapat memacu para pewarta pariwisata dalam membuat karya dalam tulisan atau tayangan yang menginformasikan kepada wisatawan tentang berbagai kegiatan yang terkait dengan unsur 3A (Atraksi, Amenitas, dan Aksesibilitas) yang dianggap sebagai unsur penting dalam mendukung daya saing destinasi pariwisata yang saat ini harus mengikuti tren era digital dengan kunjungan wisatawan didominasi dari generasi milenial. Menurut Menpar Arief Yahya, media sebagai komponen Pentahelix (akademisi, industri, komunitas, pemerintah dan media) mempunyai peran strategis dalam memajukan kepariwisataan nasional.

Didalam kesempatan ini juga, Menpar Arief Yahya juga memberikan bocoran tema umum untuk APWI 2020 selanjutnya yaitu Tourism 4.0
Tema khusus : 10 Destinasi pariwisata prioritas & Likupang
Best of The Best dengan hadiah Rp.250juta
Dan total hadiah senilai Rp.1 miliar.

Semangat.....untuk semua pewarta wisata dalam membuat konten wisata Indonesia, dan raih hadiahnya di tahun depan dengan mengikuti APWI 2020.



39 komentar:

  1. Wah seru banget ya mbak acaranya, semoga dengan adanya APWI ini para pewarta semakin terpacu semangatnya untuk selalu berkarya dan membagikannya kepada wisatawan ya..

    BalasHapus
  2. seru dan banyak hadiahnya. semoga wisata di Indonesia semakin berkembang dan terawat dengan baik. apalagi sudah banyak pihak-pihak yang mendukung akan kemajuan wisata, khususnya wisata millenial ini

    BalasHapus
  3. Seneng banget para peserta dari berbagai lintas media diapresiasi akan pengenalan terhadap pariwisata di Indonesia, mbak. Acaranya juga meriah tuh mbak ya.
    Semangat untuk para pemenang yang terpilih ^_^

    BalasHapus
  4. Pak Arief Yahya emang kepala kemenpar yang paling top deh. Beliau brilian banget untuk ide-ide kreatif yang bisa memajukan pariwisata Indonesia. Aku mau banget ikutan APWI 2020 dengan kategori blogger. Makasi infonya ya mba

    BalasHapus
  5. Wah senang pewarta dan blogger diapresiasi. Apalagi hadiahnya banyak bgt hehe. Tapi bukan soal hadiah aja. Intinya sih kita semua turut berperan dalam memajukan pariwisata Indonesia. Semangat semuanya

    BalasHapus
  6. Ini memang jadi ajang peningkatan kualitas berita wisata ya kak Selvi, sehingga kita pun dapat input informasi wisata yang berkualitas

    BalasHapus
  7. Wah seneng banget ini pastinya. Blogger dapat penghargaan dari Kemenpar😍, sebuah kebanggan banget sih dan pastinya memorable. Semoga bisa memajukan pariwisata Indonesia biar usaha kita semua gak sia-sia

    BalasHapus
  8. Blogger juga ada yang mendapat penghargaan? Wow, siapakah dia? Aku ga tahu ada APWI seperti ini, bisa memacu para travel blogger untuk berkarya.

    BalasHapus
  9. Menyasar generasi milenial memang pas ya, karena katanya kan generasi milenial memang lebih suka jalan-jalan, makan-makan, yang ujungnya bisa buat mempercantik feed medsos juga, hehehe. Kalau bisa dioptimalkan dari sini, didukung fasilitas yang baik juga, semoga pariwisata Indonesia bisa semakin berkembang.

    BalasHapus
  10. Keren ih, semoga wisata Indonesia semakin maju karena banyak yang menulis dan merekomendasikan akan membuat parawisata Indonesia maju.

    BalasHapus
  11. Keren banget nih dan patut dicoba yaa. Sebagai pecutan untuk memgekplor keindahan Indonesia raya yg gakada habisnya

    BalasHapus
  12. Salutt dengan diadakkan ajang APWI ini yang merupakan cara yang paling efektif untuk mempromosikan destinasi Pesona wisata yang ada di Indonesia ya

    BalasHapus
  13. Sekarang blogger punya tempat tersendiri, ya senang sekali tahu ada apresiasi semacam ini untuk blogger juga

    BalasHapus
  14. Huwaa pasti bahagia banget yang menang ini ya Mba
    selamat buat yang terpilih kalian keren dan berprestasi jadi semangatnya menular

    BalasHapus
  15. Seru dan bermanfaat bgt acaranya, semoga makin banyak yg bisa kita lakukan utk mengwmbangkan wisata indonesia, btw selamat ya bun

    BalasHapus
  16. Wow temanya unik, wisata milenial. Mewakili banget kebutuhan milenial akan wisata ramah anak ramah keluarga yaa mba. Btw baru tau event APWI ini, patut dilestarikan menurutku sebagai ajang apresiasi.

    BalasHapus
  17. apwi ini udah diumumin kan ya pengumuman pemenangnya?
    tapi aku lupa siapa yang menang
    yang jelas, bloger yang keren2 dah

    btw, menpar nya suka eksis ya. hoho

    BalasHapus
  18. Baru tahu ada kategori blogger dalam APWI ini mantap seru ya mba acaranya ini :) semoga makin memotvasi pewarta wisata untuk terus buat konten positif

    BalasHapus
  19. Keren ih, hadiahnya mantab banget. semoga wisata Indonesia semakin maju karena banyak yang menulis dan merekomendasikan akan membuat parawisata Indonesia maju.

    BalasHapus
  20. Dengan adanya APWI ini diharapkan paŕiwisata Indonesia semakin berkembang dengan baik ya mba Selvi. Selain dikenal dunia, juga semakin banyak perbaikan atau asked menuju ke tempat wisata.

    BalasHapus
  21. seru banget y acaranya
    semoga bloggers makin berkontribusi untuk wisata Indonesia ya Mba
    https://bukanbocahbiasa(dot)com

    BalasHapus
  22. Cakep deh acaranya, moga dengan adanya acara ini semakin memajukakn wisata Indonesia.

    BalasHapus
  23. Acaranya super keren ya .. hadiahnya juga nggak main-main. Semoga mampu meningkatkan perkembangan di dunia kepariwisataan Indonesia

    BalasHapus
  24. Seru ini acaranya ya, Mbak. Khususnya untuk kita blogger, makin semangat menulis seputar pariwisata Indonesia yang memang memikat. Dan saya kok baru tahu soal ini, ke mana saja saya? hahaha.
    Tapi untunglah sudah ada bocoran untuk tema lomba tahun depan. jadi saya bisa siap-siap nih.

    BalasHapus
  25. Wah hadiahnya sungguh menggiurkan...
    Membangunkan jiwa emak2 saya 🤭

    BalasHapus
  26. Wow total hadiahnya bikin ternganga. 1M euy..Gila! Simpan dulu bocoran tema umum untuk APWI 2020 Tourism 4.0
    Tema khusus : 10 Destinasi pariwisata prioritas & Likupang. Siapa tahu ada ide bisa ikutan..

    BalasHapus
  27. Acaranya menarik sekali, sekarang pariwisata kita sudah mulai banyak bebenah dan berinovasi termasuk buat acara kayak gini. Dan total hadiahnya... Keren banget.

    BalasHapus
  28. Acara keren ini. Lumayan kategori yg diambil.Dan rasanya penghargaan seperti ini bisa menjadi booster para blogger untuk meliput wisata Indonesia ya.

    BalasHapus
  29. Jadi penasaran euy, para pemenang dapat hadiah apa aja ya? Terus dari kapan hari udah catat DLnya dong, tapi malah kelupaan terus submit berkas pesyaratannya. Hahahaha.

    BalasHapus
  30. Langsung beranadai andai nih jika aku ada di acara itu,dan jadi pemenang nya .. kategori pemenang banyak juga y kak

    BalasHapus
  31. Ternyata banyak bgt potensi wilayah wisata di Indonesia yaaa... dan bagusnya semua itu di apresiasikan kepada insan media buat mendapat penghargaan yg layah mereka terima..

    BalasHapus
  32. aku lagi banyak mengumpulkan konten tentang pariwisata ini, biar memajukan pengelola dan pastinya membantu meniakan wisata daerah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah kereeeen banget.Aku bangga dengan Indonesia dengan keindahan Alam ya. Semoga kedepan ada lagi acara acara menarik seperti ini dan saya bisa terlihat didalamnya

      Hapus
  33. Keren bener ini mah. Semoga wisata Indonesia semakin maju sehingga semakin menarik minat wisatawan ya.

    BalasHapus
  34. Asyik nih, apalagi banyak kategorinya jd kemungkinan untuk jadi pemenang jadi lebih banyak

    BalasHapus
  35. Aku datang di APWI 2018 dan udah rencana banget mau ikut untuk tahun ini.
    Tapi, nyatanya semua itu hanya wacana saja. Sedih banget aku tuh..

    Btw kalo boleh dishare juga donk nama-nama penerima award APWI 2019 dalam tulisannya*

    BalasHapus
  36. Perlu ada reward hal-hal kaya gini memang ya, supaya semakin semangat menyebarkan informasi tentang pariwisata khususnya Indonesia

    BalasHapus
  37. Acara nya bagus, keren. Sgt informatif sekali. Pemberian reward mmg perlu biar pariwisata Indonesia lebih maju lg, dgn berita2 yg mudah d dapat.

    BalasHapus
  38. Pengen bgt nih ikutan di kategori blogger.. caranya daftarnya gimana ya ?

    BalasHapus