Senin, 05 Agustus 2019

Tips Mencari Hunian Idaman dan Menatanya


Memiliki rumah indah dan nyaman merupakan impian semua orang, berbagai aneka alasan untuk dapat memiliki sebuah rumah idaman. Ada yang bertujuan untuk investasi, ada juga untuk warisan masa depan keturunannya, ada juga untuk ditempati sendiri.

Namun, untuk membeli sebuah rumah tidak semudah membalikkan telapak tangan.
Dari segi harga, rumah memiliki harga yang variatif sesuai dengan lokasi dan type rumah. Selain itu juga untuk harga rumah semakin tahun terus mengalami kenaikan, karena itu jika tidak membelinya mulai dari sekarang, harganya tentu akan terus naik.
Membeli rumah juga katanya seperti mencari jodoh, cocok-cocokkan gitu. Entah cocok karna harganya atau cocok dengan keadaan rumahnya. Tentunya mencari rumah itu yang dianggap lebih nyaman dan strategis.

Nah bagaimana ya, mencari rumah yang sesuai dengan keinginan, dan mencarinya dengan mudah?

Ga perlu khawatir apalagi bingung, sekarang kan udah ada INDONESIA PROPERTI EXPO.

INDONESIA PROPERTI EXPO atau IPEX merupakan pameran properti terbesar, yang menawarkan berbagai macam hunian mulai dari Apartement mau pun perumahan. Di event terbesar ini Bank BTN menjadi sponsor tunggal guna penyediaan fasilitas kredit/pembiayaan KPR atau  KPA.

di event IPEX 2019 ini mempunyai total pengembang yang berpartisipasi  berjumlah 165 pengembang yang terdiri dari pengembang KPR subsidi dan KPR non subsidi dengan total proyek properti sebanyak 650 proyek yang tersebar di seluruh Indonesia.

Di IPEX 2019 Selain pameran properti dengan berbagai macam penawaran hunian dan lokasi, disini juga menawarkan berbagai macam penawaran istimewa yang di persembahkan dari Bank BTN, yaitu :
1. Suku bunga KPR yang murah
2. Bebas biaya provisi dan administrasi
3. Uang muka ringan mulai dari 1%
4. Diskon asuransi jiwa sebesar 20%

Dengan diadakannya IPEX 2019 ini dapat memudahkan masyarakat untuk melihat langsung serta membandingkan pilihan properti yang ada, baik dari sisi harga, lokasi, fasilitas, dan kualitas bangunan.

Jadi jaman sekarang kalau ingin membeli rumah, udah ga usah jauh-jauh atau pun repot, cukup di satu tempat dan satu event mengenai properti hanya di IPEX

INDONESIA PROPERTI EXPO 2019 diadakan pada tanggal 27 Juli - 4 Agustus 2019, berlokasi di Hall A & B Jakarta Convention center. Dan terus diadakan kembali di setiap tahunnya.
Dengan adanya pameran properti di IPEX ini sangat efektif dan efisien bagi masyarakat calon konsumen dalam menentukan lokasi pilihan dan berbagai tipe perumahan, juga bagi pengembang sendiri merupakan kesempatan terbesar dan menguntungkan dalam menjaring konsumen atau pembeli.

Dengan kolaborasi yang produktif antara perbankan dan pengembang, maka dapat membantu program pemerintah untuk memberikan rumah yang layak bagi masyarakat.

Nah....bagi yang inginkan kemudahan dalam mencari hunian yang tepat, bisa kunjungi pameran properti di IPEX, bersama keluarga dapat menentukan pilihan, tentunya juga perlu hati-hati dalam memilih dan menentukan pemilihan lokasi, agar tidak menimbulkan kekecewaan di kemudian hari.

Info selengkapnya dan juga event kelanjutannya, silahkan follow instagram official IPEX :
https://www.instagram.com/indonesiapropertiexpo/

atau bisa kunjungi website resmi IPEX :
https://inapex.co.id/


SERBA SERBI MENATA RUMAH

Setelah mendapatkan hunian rumah yang cocok, tahap selanjutnya pasti merencanakan menata rumah agar menjadi rumah tinggal yang nyaman untuk keluarga. Lalu, apa saja sih yang perlu dilakukan?

Sebelum melakukan penataan rumah, yang pertama kali dilakukan adalah perencanaan terlebih dahulu. Agar mengetahui apa saja yang dibutuhkan dan akan menghabiskan berapa biaya.

Talkshow di IPEX 2019
bersama Adelya Vivin (tengah)
Zata Ligouw (kanan)
dan Ani Berta sebagai moderator


Tahap-tahap perencaan yang akan dilakukan meliputi sebagai berikut :
1. Menentukan apa saja kebutuhan keluarga
2. Mengenal karakter diri sendiri dan keluarga
3. Perbanyak referensi hal-hal yang disukai
4. Menghitung budget yang tersedia


Menata Ruangan Yang Kecil

Adelya Vivin seorang design interior akan memaparkan beberapa tips untuk menata ruangan yang luasnya tidak begitu besar, ada beberapa hal yang dapat dilakukan, yaitu :

1. Pencahayaan atau Lighting.
Natural : dalam rumah dapat dilakukan dengan mengadakan jendela yang agak besar, serta kalau di dapur bisa menggunakan atap transparan, tujuannya agar sinar matahari dapat masuk menerangi ruangan.
Buatan : dapat digunakan dengan lampu hias, bisa dengan standing lamp atau pun pendant lamp, atau lampu hiasan lainnya.

2. Sirkulasi udara.
Rumah yang nyaman tentunya adalah rumah yang mempunyai udara segar dan sejuk, dapat dilakukan dengan memberikan sirkulasi udara yang seimbang, bisa dengan membuka jendela, atau pun menggunakan exhaust fan.

3. Storage atau tempat penyimpanan.
Membuat tempat penyimpanan diruangan yang terbatas, tentunya tidak menggunakan furniture tambahan agar ruangan tidak padat dengan furniture, bisa memanfaat kan ruang kosong seperti diatas pintu dapat dipasang lemari kecil yang dapat menyimpan buku atau apapun yang diperlukan. Dapat juga dilakukan dengan membuat sedikit ruangan dijadikan lemari penyimpanan.



4. Ketepatan furniture dan tone warna.
Diruangan yang terbatas, pastikan tidak banyak menggunakan furniture, karena itu gunakan furniture sesuai kebutuhan saja, serta perhatikan tone warna antara furniture mau pun warna tembok rumah. Agar terlihat lebih indah dan membuat nyaman.


Menata Ruang Kerja

Selain menata rumah, ruang kerja dirumah juga perlu di tata lho agar kita betah di ruang kerja. Karna itu Zata Ligouw seorang design interior akan memberikan tips nya.



1. Siapkan tempat khusus untuk Meja Kerja.
  • Bisa dari pojok ruangan tamu, ruang kelurga, ruang makan dan lain-lain.
  • Jika mempunyai ruang lebih, bisa dijadikan ruangan khusus kerja.
2. Meja yang pas.
  • Gunakan meja yang ada
  • Beli meja yang baru
  • Bikin meja sendiri
  • Ergonomis (supaya ga pegal)



Aksesoris

1. Fungsi aksesoris
  • Menunjang pekerjaan
  • Menaikkan mood kerja
  • Mempercantik ruangan
2. Sesuaikan dengan tempat/ruangan
3. Buat sendiri
  • Mood board
  • Kalender / jadwal kerja / to do list


DIY Moodboard

1. Tempelkan gambar yang kita sukai
  • Tempat-tempat indah yang ingin kita kunjungi
  • Orang / tokoh panutan
  • Gambar-gambar lucu
2. Tempelkan foto pribadi
  • Foto jalan-jalan keluarga
  • Foto pemandangan yang kita ambil sendiri saat liburan
3. Tuliskan quotes favorit
  • Tulis dengan spidol warna warni
  • Hias dengan bunga - bungaan


Tanaman di meja kerja

Manfaat tanaman yang ada di ruang kerja, yaitu :
  • Meningkatkan mood
  • Meningkatkan produktivitas
  • Meningkatkan daya ingat dan konsentrasi
  • Mendatangkan kebahagiaan
  • Membuat rileks dan nyaman
  • Mengurangi stress
  • Meningkatkan kesadaran mental


Menurut penilitian di Universitas Michigan, memberi sentuhan alam di ruang kerja, seperti menaruh tanaman di meja atau di sekitar ruangan, dapat menambah daya serap hingga 20%. Pengaruh alam di dalam ruang kerja membantu menstimulasi indera dan pikiran, meningkatkan kesadaran mental serta performa dalam bekerja.

"Penelitian membuktikan bahwa tanaman di dalam rumah meningkatkan konsentrasi dan produktivitas (sampai 15%), mengurangi stress, serta meningkatkan mood," NBC news

27 komentar:

  1. betul-betul..
    sekarang cari rumah gak perlu capek-capek survei kesana kemari.
    cukup dateng ke acara properti expo, kita bisa pilih yang sesuai lokasi dan juga budget.

    ku juga tahun lalu datang ke acara serupa, Alhamdulillah dapet yang sesuai.

    BalasHapus
  2. Waahh menarik nih tips tentang propetynya bisa saya jadikan pedoman untuk cari rumah baru. Thanks infonya..😄😄

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bwnerrr..
      Sukaaa de sama tips2nya.

      Semoga Medan juga ngadain expo properti segede dan semantul ini ya

      Hapus
  3. Pingin banget deh punya rumah idaman, walaupun minimalis tp isinya tuh nyaman, nah tips ini berguna nih buatku, maklum rumah berantakan banget

    BalasHapus
  4. mungkin bisa menambahkan Mba. soal cat dinding juga berpengaruh lho. Untuk ruangan yang kecil disarankan menggunakan warna yang terang, agar terlihat lebih luas

    BalasHapus
  5. Di expo tsb apa cuma btn doank ya mba...

    Mh, memang sih enak banget kalo datang ke acara property expo begitu, kita bisa menentukan berapa budget yang sesuai dengan rumah idaman yang kita mau.

    BalasHapus
  6. DAtang ke acara proferty expo ini nikin meringgis. Bagaimana gak makin pengen punya rumah apadaya sekarang tak bisa. btw makasih banyak tipsnya ya mb.

    BalasHapus
  7. Aku pernah ikut yang tahun lalu. Acaranya seru dan menarik.

    Bicara soal penataan rumah, memang perlu direncanakan apalagi kalau rumah dengan konsep minimalis. Mulai dari pemilihan barang dan tata ruang harus diperhatikan menurutku. Makanya dengan ikut acara cara begini menambah ilmu dan pengetahuan... Jadi pikiran terbuka lebar :)

    BalasHapus
  8. Tertarik ama cara menata ruangan yang kecil. Jaman sekarang rumah-rumah di komplek yang masih terjangkau harganya cukup minimalis dari segi luas. Harus pinter2 menata agar tampak lebih luas dan lega.
    Mudah2an expo nya segera ada di Medan.

    BalasHapus
  9. Wah, terimakasih tipsnya mba, bermanfaat banget. Enak rasanya kalo beli rumah, sudah ready designer yang handle interior rumah. Apalagi sekarang jamannya rumah tipe minimalis modern yang bagus-bagus dan instagram-able.

    BalasHapus
  10. Adanya pameran semacam ini bisa buat referensi dan semangat juga buat yang belum punya rumah seperti saya. Hihi.. Smg segera dicukupkan rejekinya untuk punya hunian yang nyaman, aamiin... Tfs mb.

    BalasHapus
  11. Sekarang nyicil rumah menggandeng asuransi juga ya. Bagus juga, biar lebih aware. :)

    BalasHapus
  12. Saya ada nih rumah KPR BTN 1 unit. Udah jalan 10 tahun, sisa 15 thn lagi huhuu.... Lama ya nyicilnya... Sekarang rumahnya sedang dikontrakkan ke orang lain. Coz gak cukup buat kami yg anak 4. Ternyata waktu bisa mengubah kapasitas ya wkwk. Tfs Mbak Selvi. Bahasannya bagus.

    BalasHapus
  13. wuah ada asuransinya ya kak klo kpr hunian skrng. jadi pengen ih.

    BalasHapus
  14. Betul sekali, Mbak. Membeli menjual rumah itu memang jodoh-jodohan. Bisa cepat,bahkan lama. Tapi mempunyai hunian yang bagus dan nyaman, memang jadi impian semua orang. Termasuk saya hehehe.

    Dan lewat pameran hunian memang kita dipermudah. Di satu tempat kita langsung bisa melihat beragam hunian yang ditawarkan, serta mendapat info lengkap. Lebih efisien, dibandingkan harus survay satu per satu lokasi

    BalasHapus
  15. PR-ku di rumah nih masangin storage, pengen bikin lemari dinding agak banyakan di bagian belakang biar muat banyak barang, kyk gudang ala gtu.
    Soal meja kerja alhamdulillah udah punya walau kecil di pojokan, tapi emang belum aku hias2 haha, sukanya yg plain, tapi kyknya menarik jg dikasi quote2 biar tambah semangat ya?

    BalasHapus
  16. Aku juga lagi nyari hunian idaman nih di Palembanh buat perdiapan pindah. Hanya masalahnya pitinya kurang hehe.

    BalasHapus
  17. Aku juga suka hunian nyaman ini . Soalnya penting banget kita memilih tempat tinggal yg tepat ya mba selvi

    BalasHapus
  18. Tips yang bermanfaat banget mba Silvi, kebetulan rumah aku juga mungil dan pengen punya meja kerja tapi ga tau bagaimana menatanya. Dengan tips dariba Silvi baiklah aku coba terapkan di rumah

    BalasHapus
  19. Bener banget nih. Meja kerja dan area yang kita design bagus tuh nambah mood buat kerja dan nulis. Hehehe. Itu foto ruang dan meja kerja nya mbak Zata, menarik banget. Naksir deh

    BalasHapus
  20. Hadir di expo property begini serasa one stop solution yaaa, bisa membandingkan dan mencari hunian yang nyaman di hati dan cocok di di kantong

    BalasHapus
  21. Medapatkan rumah yang cocok terkdang memang jodoh-jodohan. Setelah punya, saatnya untuk menata dengan gaya dan warna yang disukai supaya nyaman untuk ditinggali

    BalasHapus
  22. tips buat dekorasi / mengatur kamar bermanfaat banget nih. Karena dengan begitu, ruangan yang awalnya sempit bisa menjadi terasa lebih luas, asalkan ditempatkan seusai denga estetik ya

    BalasHapus
  23. Tips buat menata rumah dengan lahan terbatas bermanfaat banget nih. Kebetulan ada rencana mau beli tanah tapi luasnya tak begitu luas. So, bisa diterapkan nih ketika nanti udah mulai ngebangun rumah

    BalasHapus
  24. Artikel yang bermanfaat banget bagi orang seperti aku yang buta akan property. Sepertinya harus disempatkan nih kapan kapan ke expo property.

    BalasHapus
  25. Terima kasih sharingnya, bermanfaat banget nih buat saya yang punya rumah kecil, saya sendiri sebenarnya lebih suka ga banyak barang soale kalau banyak barang sumpek rasanya.

    BalasHapus
  26. Teimakasih tipsnya sangant membantu, sukses selalu..

    BalasHapus