Kamis, 10 Agustus 2023

Pentingkah Hutan Bagi Keberlangsungan Hidup?

 

dlh.semarangkota.go.id


Indonesia terkenal dengan keindahan alamnya, memiliki kekayaan yang melimpah. Selain itu indonesia memiliki wilayah hutan terluas di dunia, bahkan disebut-sebut sebagai paru-paru dunia, karena 1/3 luas hutan didunia ada di Indonesia.


Dari hutan tersebut ternyata tersimpan berbagai jenis flora dan fauna yang eksotis menambah keindahan dan keunikan alam Indonesia. Dari pemandangan hutan Indonesia memiliki hamparan tumbuhan hijau, pastinya setiap yang memandang terasa ikut merasakan sejuknya dan kesegaran.


Selain menyuguhkan keindahan alamnya, hutan juga memberikan manfaat untuk kehidupan.

Menghasilkan sumber daya alam bagi masyarakat di sekitar. 

Dikutip dari https://dlh.semarangkota.go.id

Ada pun manfaat hutan bagi makhluk hidup serta masyarakat sekitar yaitu:

- sebagai sumber tanaman obat-obatan

- menghasilkan air yang jernih

- dapat menjaga kesuburan tanah

- menyeimbangkan permukaan tanah

- mencegah banjir dan tanah longsor

- tempatnya habitat satwa liar


Fauna khas Indonesia


Dengan banyaknya tumbuhan liar dihutan, dikatakan sebagai pemasok oksigen terbesar karena dapat membantu menyerap gas karbon dioksida, hingga menghasilkan oksigen yang segar dan dapat dinikmati oleh makhluk hidup.

Karena itu kenapa setiap kita berada di area hutan atau berada di perkebunan yang penuh dengan tanaman udaranya terasa sejuk dan adem.


Bencana Kebakaran Hutan.


Penting untuk selalu menjaga kelestarian hutan dan kelestarian berbagai sumber daya alam di dalamnya. Karena jika terjadi musibah bencana alam, akan sangat berdampak buruk bagi kelangsungan hidup.


Seperti kebakaran hutan yang sering kali terjadi di Indonesia, yang disebabkan oleh alam juga oleh ulah manusia.


kompas.com


Apalagi di cuaca panas seperti sekarang ini, keringnya ranting dan dedaunan yang dapat memicu gesekan dan timbulnya api hingga menyebar dan terjadi kebakaran besar di hutan.


Juga bisa disebabkan oleh ulah manusia, terjadi pembalakan hutan secara liar untuk perkebunan kelapa sawit.

Dampaknya akan terganggu pernapasan dengan timbulnya asap kebakaran, bahkan bisa terjadi ispa (Infeksi Saluran Pernapasan Atas).

Selain itu juga menghancurkan habitat satwa liar. Lalu hutan akan menjadi gundul dan tidak dapat menampung cadangan air hujan lalu terjadilah longsor atau banjir, dan masih banyak lagi dampak buruk yang terjadi, termasuk memukul perekonomian Indonesia.


Lestarikan Alam Indonesia.


Penting sekali setiap manusia untuk menjaga lingkungan sekitar dan melestarikan hutan dengan tidak membakar hutan dan lahan demi kepentingan pribadi. 


Seharusnya kita bangga dengan kekayaan alam Indonesia, apalagi wilayah Indonesia yang memiliki luas hutan hujan tropis terbesar ketiga di dunia, tentunya lebih banyak memiliki keanekaragaman flora dan fauna dibanding negara lain. Juga dapat memberikan dampak pada lingkungan dengan menyumbangkan oksigen alami.




Hutan hujan tropis sendiri adalah hutan yang memiliki kelembaban sepanjang hari, dengan intensitas hujannya lebih sering sepanjang tahun. Hingga keadaannya yang selalu hijau, lembab dan tanamannya yang subur serta berdaun lebar.


Coba kita bayangkan, apabila tidak ada hutan, tentunya kebutuhan oksigen tidak akan tercukupi, apalagi, di zaman seperti sekarang ini zat polutan semakin meningkat.

Juga dapat terjadi perubahan iklim yang sangat signifikan.


Itulah perlunya keberadaan hutan, penting banget untuk keberlangsungan hidup.


Apa yang dapat kita lakukan dengan alam Indonesia ini? Khususnya terhadapan wilayah hutan di Indonesia.

Tentunya mulai dengan hal terkecil, dengan menjaga kebersihan lingkungan agar tetap asri, dan jangan membakar hutan dan lahan sembarangan yang menimbulkan polusi asap.


Berikut cara untuk Melestarikan Hutan:

- Penanaman Hutan Kembali (Reboisasi)

- Tidak menebang pohon sembarangan

- lakukan Sistem Tebang Tanam

- lakukan sistem Tebang Pilih

- harus ada sanksi yang berat bagi masyarakat yang merusak Hutan.


Untuk dilingkungan kecil, bisa lakukan dengan ikut gerakan menanam pohon, dan buang sampah pada tempatnya, agar tercipta suasana lingkungan yang asri.


Yuk #BersamaBergerakBerdaya Menjaga Hutan.

#UntukmuBumiku

Tidak ada komentar:

Posting Komentar