Jumat, 12 April 2019

Kalau Ibu Bekerja, Anak Sama Siapa?


Ibu-ibu jaman sekarang ini, banyak yang memilih untuk mempunyai 2 peranan sekaligus, yaitu sebagai ibu yang berperan di rumah, juga berperan sebagai ibu pekerja. Tujuannya bisa karena untuk menambah dan membantu ekonomi keluarga, mau pun karena karir yang bagus. Namun banyak kendala yang dialami sang ibu, yaitu kendala dalam menjaga anak-anaknya saat ibu sedang bekerja diluar rumah, otomatis anak harus ditinggal.
Biasanya anak-anak ditinggal dan dijaga dengan orang rumah seperti dengan neneknya atau kakeknya, dan ada juga yang anaknya di jaga dan di urus dengan babysitter.

Bagaimana jika tidak tinggal dengan nenek atau kakeknya?
Bagaimana jika dirumah tidak orang yang bisa menjaga anak?

Inilah permasalahan kedua orangtua yang sama-sama sibuk menjadi pekerja. Untuk menyewa babysitter pilihan terakhir dan mungkin menjadi keterpaksaan bagi orangtua, namun kadang-kadang para orangtua menjadi tidak tenang saat anak ditinggal dengan orang lain, karena banyak berita mengenai kejadian yang sangat miris mengenai babysitter terhadap anak yang di asuhnya. Walau tidak semua babysitter melakukan tindakan yang buruk terhadap anak, tetapi menjadi sebuah trauma untuk para orangtua, khususnya orangtua yang sama-sama bekerja.

Dengan adanya pengalaman-pengalaman buruk di atas, dan mencari solusi yang tepat untuk permasalahan tersebut, dengan begitu akhirnya di bentuklah ide untuk mendirikan sebuah tempat penitipan anak atau biasa disebut Daycare.

Daycare pada saat ini sudah banyak berdiri di kawasan perumahan yang biasanya dekat dengan perkantoran. Namun Daycare yang ada kebanyakan yang umum atau non muslim, jadi hanya penitipan anak tanpa adanya pendidikan agama islam.

Nah.... 8 Maret 2019 kemarin, aku berkunjung ke sebuah Daycare yang berbasis Islami. Daycare yang tidak hanya untuk penitipan anak, namun disini juga diajarkan pendidikan islam.


Daycare AL-HADI yang berada di Jl. Taman Aries Blok F12 No.8 Meruya Utara, Kembangan, Jakarta Barat.
Berdiri sekitar tahun 2015, yang awalnya hanya didirikan untuk Bimbel saja, namun seiring berjalannya waktu dan sesuai kebutuhan para masyarakat, akhirnya dibukalah program Daycare.

Daycare Al-Hadi saat ini selain menerima penitipan anak dan Bimbel, juga terdapat Pendidikan Anak Usia Dini serta program tambahan Tahfidz.
Banyak nilai plus nih, jika menitipkan anak hanya sekedar ada yang menjaga itu sudah biasa, tapi di Daycare Al-Hadi tidak hanya menjaga anak-anak yang dititipkan, namun sekaligus diajarkan pendidikan agama, seperti diajarkan doa harian, saat tidur siang pun di tempatkan terpisah untuk anak laki-laki dan perempuan, dan selain itu bisa menggunakan fasilitas pendidikan tambahan seperti diajarkan Tahfidz Al-Qur'an.

Saat aku berada disana, aku mengintip saat jam belajar anak-anak tahfidz, dikelas tahfidz dibagi menjadi dua ruangan, satu ruangan untuk kelas pemula, dan satunya lagi yang sudah hafal surat-surat pendek.

Pada kelas pemula sebelum diajarkan hafalan surat-surat, mereka dikenalkan dengan logo Halal, diajarkan dengan cara bermain, dari semua produk jajanan mereka mencari produk yang sudah ada logo halalnya, suasananya riuh tapi menyenangkan, melihat anak-anak begitu antusias.


Beda di kelas satunya, suasananya lebih senyap dan tenang, mereka membaca hafalan surat-surat didampingi oleh satu pengajar, untuk satu kelas hanya untuk 2 siswa, jadi belajarnya lebih fokus.

Setelah melihat-lihat ruang Tahfidz, aku pun bergegas keluar kelas, dan ternyata adik-adik kecil yang dititipkan saatnya jam makan siang, dengan tertib mereka makan, sebelum makan anak-anak diajarkan untuk berdoa sebelum makan.


Jadi makanan disini pun dimasak sendiri oleh yayasan ini, jadi lebih higienis dan teratur, tapi kadang ada juga orang tua yang mengirim sendiri makanan untuk anaknya.

Setelah jam makan siang, anak-anak akan diusahakan untuk  waktunya tidur siang, ada pula sebelum makan siang sudah ada yang tertidur pulas.

Bangunan yayasan ini terdapat 2 lantai, lantai bawah khusus untuk kegiatan PAUD dan lantai atas untuk area anak-anak yang dititipkan disini, juga ada 2 ruangan kelas Tahfidz, Serta ruangan kamar tidur, setiap ruangan pun sudah dilengkapi AC, jadi anak-anak lebih nyaman.


Bagian depan Yayasan Al-Hadi ini terdapat taman bermain seperti ayunan dan mainan panjat, serta ada kolam ikan kecil yang tertata rapih.

*Untuk waktu penitipan anak dibagi menjadi 2 :

  • Full Day mulai pukul 07.00 WIB - 17.00 WIB
  • Half Day atau setengah hari mulai pukul 07.00 - 12.00 WIB atau mulai pukul 12.00 - 17.00 WIB

Dan sudah mendapat fasilitas 2x makan serta 2x snack.

*PAUD mulai pukul 08.00 - 10.00 WIB.
*Tahfidz pukul 10.00 - 11.00 WIB.
*Bimbel beberapa kali pertemuan dalam seminggu.

Bagi yang tertarik ingin menitipkan anaknya saat orang tua sibuk bekerja, berikut perincian biaya :

A. Day Care (Penitipan Anak)
1. Kelompok Reguler
- Biaya pendaftaran :
Rp. 2.000.000 / 8 bulan
Rp. 1.500.000 / 6 bulan
Rp. 1.000.000 / 3 bulan

- SPP
*Usia 0-1 tahun
Rp. 2.500.000 (Full Day)
Rp. 2.000.000 (Half Day)
*Usia 2-3 tahun
Rp. 1.800.000 (Full Day)
Rp. 1.200.000 (Half Day)
*Usia 4-6 tahun
Rp. 1.400.000 (Full Day)
Rp. 1.000.000 (Half Day)

- Keterlambatan penjemputan dikenakan Rp. 5000 per-15 menit.

2. Kelompok Ireguler

  • - Biaya Pendaftaran Rp. 500.000/3bulan
  • - Biaya per-jam Rp. 70.000
  • - Biaya per-1/2 jam Rp. 35.000
  • - Biaya per-hari Rp. 250.000
  • - Biaya per-minggu Rp. 750.000
  • - Keterlambatan penjemputan Rp. 7.500 per-15 menit.


*Uang spp perbulan DayCare termasuk makan siang dan sore, serta snack pagi dan sore.

B. Preschool / PAUD


C. Bimbel


Pendaftaran dilakukan hanya satu kali.

Metode pengajaran


  • - Talaqqi adalah metode guru membaca sebanyak 10x, murid mendengar setelahnya mengulangi dan mengucapkan ayat sejumlah yang ditentukan guru.
  • - Kitabah adalah menulis huruf Hijaiyyah dan ayat Al-quran.
  • - Smart Hafidz / earphone adalah metode menghafal dengan alat dan selanjutnya baru mengikuti talaqqi dan bacaan guru.
  • - Alat smartphone dan earphone boleh dibawa pulang dan menjadi milik pribadi.

Informasi lebih lanjut silahkan menghubungi :
Anifah
021-58544578
081289497397
Titin
085892362754
081553250437

25 komentar:

  1. Wahh, daycarenya oke banget nih kak. Soalnya, enggak hanya sekadar nitipin tapi juga belajar ya kak. But, harganya sendiri lumayan mahal juga sih hehe

    BalasHapus
  2. Wah aku juga lagi cari cari daycare kak tapi yang buat harian aja sih misalnya kalau aku lagi pergi ada kerjaan diluar bukan buat yang bulanan.btw ini daycare recomended yah kak harganya juga masih wajar

    BalasHapus
  3. Wah bagi yang di Jakarta BArat, ada alternatif bagus tempat penitipan anak nih

    BalasHapus
  4. Keren banget kalo yg di Jakarta barat bisa nitipin anaknya kesini yaaa, lengkap juga ada bimbel sama daycare lagi

    BalasHapus
  5. Makasih Infonya mom selvi manfaat banget ini soalnya Cari daycare terpercaya susah. Nilai plus daycare islami pulak.

    BalasHapus
  6. terima kasih untuk informasinya, mbak.
    Harga day care nya juga cukup terjangkau juga :)

    BalasHapus
  7. Saat ini, penitipan anak memang menjadi trend dan selalu dicari ibu-ibu, tapi tak mudah mencari penitipan anak yang bertanggungjawab.

    BalasHapus
  8. Bener nih masalah utama kalau orang tua bekerja pasti anak ya. Solusi nya daycare yg tepat.

    BalasHapus
  9. Wahh solusi terbaik, apalagi mommmy ku sudah lanjut usia enggak memungkinkan untuk titip anak

    BalasHapus
  10. wahh keren banget mommy satu ini. ada manfaatnya juga sih ya nitipin anak di daycare jd anak" juga sambil belajar

    BalasHapus
  11. Daycare yg islami itu bagus banget karena sedari dini anak jadi ditekankan bagaimana islam dan nantinya jadi lebih mengenal agama

    BalasHapus
  12. bisa jadi pilihan nih buat para orangtua yang sama-sama bekerja, biar lebih terarah juga pendidikannya ya.. makasih infonya kaak ^^

    BalasHapus
  13. Dulu aku sempet kek gitu juga, gak ada yang bisa dititipin anak, karena kami kerja keduanya. Mo pake pengasuh rada-rada parno. Ini daycare nya cuma ada di daerah sana aja ya?

    BalasHapus
  14. Bagus nih Daycare nya. Ada pelajaran Agama nya juga. Jaman anak kundulu kecil, sangat sulit cari Daycare apalagi yg islami

    BalasHapus
  15. sekarang daycare lumayan mahal juga yaaaa, tapi fasilitasnya bagus juga sih disini

    BalasHapus
  16. Omg... Lumayan mahal ya kak btw aman ga kak? Fasilitasnya bagus ya

    BalasHapus
  17. Sekarang eranya semua-semua sudah canggih untuk metode pembejaran anak

    BalasHapus
  18. Wah seru yah kalo anak ditinggal gitu eh tapi kok ser, Aman yah kalo anak bisa dititip begitu maksudnyaa:)

    BalasHapus
  19. Jaman dulu mah aku sama mba haha. sampe dibilang anak mba:) karena mamapapa kerja siang malem huhu skrg enak yaa ada tempat kayak gini jadi bisa main sama temen temeeen

    BalasHapus
  20. Terimakasih mom infonya, daycare nya oke bangett disini kita tidak hanya menitipkan anak tetapi anak kita juga bisa belajar tentang agama nya disini

    Ah keren deh

    BalasHapus
  21. Solusi bagus ya buat yang orang tuanya kerja semua. Dengan begitu anakanak yang dititipkan tetep peroleh pendidikan yang dibutuhkan.

    BalasHapus
  22. Bagus jg ya mbk penitipan anak sekalian belajar,jadi tenang bekerja deh

    BalasHapus
  23. lengkap juga ya pilihannya, terus yang bikin ga khawatir juga karna ini tuh fullday jadi bener bener tenang anak kita nanti nya di jaga sama siapa misal ga ada orang dirumah

    BalasHapus
  24. al hadi day care tempat penitipan anak yang islami, yuk yang mamah muda sibuk dengan karier mampir ke al hadi day care untuk anak tercintanya

    BalasHapus
  25. wah sekarang udah hal yg common ya nitipin anak gitu? maklum belum merid dan pengennya sih kl udah berkeluarga anak nempel terus sm orgtuanya walopun sambil kerja. hehe

    BalasHapus