Minggu, 19 Juli 2020

Skincare Wajah Harian yang Simpel



Halo ibu-ibu dan kaka-kaka.....
Sudahkah merawat kulit wajah rutin setiap hari?

Kebanyakan pastinya merawat kulit hanya dengan rutin mencuci wajah saja, untuk lain-lainnya seperti penggunaan skincare sepertinya ga semua melakukannya. Memang sih kalau masih umuran remaja, kulit masih kondisi bagus, paling gangguannya hanya jerawat. Tapi sayang juga kalau ga dirawat mulai sejak dini.

Pengalamanku dulu sewaktu masih remaja, memang ga rutin juga dalam perawatan, karena kebanyakan saat itu produk perawatan wajah khusus untuk remaja belum banyak tersedia. Untungnya saat itu wajahku bagus-bagus aja tanpa jerawat. Padahal hanya menggunakan sabun baby, dan sehari-hari hanya pakai bedak tabur baby. Tapi rahasianya aku perawatan secara alami, dengan rutin menggunakan masker dari bahan alami, seperti tomat, jeruk nipis dan putih telur.

Setelah menikah, disitulah aku baru sadar perawatan wajah, karena tentunya ingin selalu tampil cantik dan awet muda didepan suami. Apalagi cuaca juga sering merasakan sangat terik, tentu dapat berpengaruh buruk bagi kulit wajah.

Sinar matahari memiliki sinar UV A dan UV B, kalau kulit sering terpapar sinar matahari akan mengakibatkan penuaan dini, seperti timbul noda hitam dan juga keriput halus, hingga kulit terus mengalami kekeringan. Pentingnya dalam melakukan perawatan wajah setiap hari, tentu bukan untuk melawan penuaan, karena penuaan itu sudah pasti terjadi. Tentu perawatan untuk mencegah terjadi penuaan sejak dini.

Menghindari dari sinar matahari juga sangat tidak mungkin, apalagi yang aktivitasnya banyak di outdoor. Berdiam dirumah aja bukan berarti terhindar dari sinar matahari, pantulan sinar matahari dapat masuk kedalam rumah loh.


Perawatan Wajah Harian.


Menurutku merawat wajah sebenernya mudah aja dan ga ribet, selama penggunaan produknya ringan dikantong dan ga banyak macamnya disesuaikan aja dengan kebutuhannya.

Beberapa kerabat dan teman, sering banyak yang bilang kalau wajahku masih terlihat awet muda, dan pasti bertanya rahasianya apa saja.
Karena itu aku mau share perawatan wajah harian yang rutin aku lakukan.

Perawatan wajah harian yang sering aku pakai


Sebelumnya aku ingin info juga, beberapa produk yang wajib dipakai setiap hari dan fungsinya.

  1. Sunblock, ini wajib banget dipakai tentu untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Tapi jangan terkecoh sama kandungan SPF nya, bukan berarti semakin banyak SPF nya bisa semakin lama kulit terlindung, karena tetap saja untuk sering di aplikasikan jika sering terpapar sinar matahari.
  2. Day cream atau pun serum, bisa pilih salah satunya, tentu untuk menutrisi kulit agar tetap terjaga kelembaban dan kulit tetap sehat.
  3. Eye cream, bagi yang punya mata panda, harus pakai ini, karena untuk mengurangi lingkaran hitam dan kerutan di area mata.
  4. Lipbalm, sesekali ada rasa malas pakai lipstick, tetap dilindungi dengan lipbalm agar terjaga kelembaban.
  5. Facewash, tentu hal utama adalah kulit wajah selalu bersih.


Itu saja sih yang wajib dan sering aku aplikasikan setiap hari untuk melindungi dan merawat kulit wajah. Berikut step by step penggunaannya.


  1. Saat pagi hari, selalu diawali dengan mencuci wajah, sekalian mandi pagi.
  2. Aplikasikan toner agar ku
  3. Setelah selesai, aplikasikan Day cream atau serum, kalau aku pakai salah satu aja, agar wajah ga terlalu banyak penggunaan produk skincare.
  4. Lanjut penggunaan Eye cream, di area mata jangan di usap terlalu kuat, karena kulit dibagian tersebut sangat lembut dan rentan terjadi kerutan. Usap satu arah pojok mata luar.
  5. Lalu setelah semua meresap, lanjutkan dengan aplikasi sunblock secara merata.
  6. biarkan smua meresap sempurna, setelah itu bisa dilanjutkan dengan makeup termasuk penggunaan Lipbalm.



Makeup bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan style masing-masing.

Skincare cream harian yang aku pakai

Perawatan Wajah di Malam Hari


Setelah seharian beraktivitas, jangan lupa untuk membersihkan wajah sebelum tidur, gunanya agar pori-pori wajah terbebas dari kotoran debu dan sisa makeup.
Disaat malam hari juga tepat buat perawatan harian seperti menggunakan masker. Saat ini ada produk masker yang boleh dilakukan setiap hari, karena memang sebelumnya masker itu dilakukan setiap 2x dalam seminggu. Masker bisa pakai apa saja, sheet mask, liquid mask atau masker alami dari buah.

Sebelum menggunakan masker pastikan wajah sudah bersih, dan agar pori-pori bebas dari sel kulit mati, dapat menggunakan peeling (akan aku bahas di artikel selanjutnya)

Saat malam hari juga perlu melakukan perawatan wajah, gunanya agar kulit wajah tetap ternutrisi selama kita tidur, hingga pagi membuat wajah tidak dehidrasi dan tetap lembab.

Berikut step by step perawatan wajah di malam hari.

  1. Bersihkan wajah
  2. Lembabkan dengan toner atau micellar water.
  3. Aplikasikan cream malam atau serum wajah, bisa pilih salah satu saja.
  4. Selanjutnya penggunaan Eye cream.
  5. Selesai.


Penggunaan produk skincare bisa ditambah dengan produk lainnya dan tetap sesuai kebutuhan saja. Kalau aku sih yang simpel aja, yang terpenting konsisten menjalani perawatan agar kulit tetap dapat nutrisinya setiap hari.

Ini saja tips perawatan wajah harian menurut pengalamanku, jika ada tambahan atau ada yang ingin ditanyakan, bisa tinggalkan pesan di komentar.

Semoga tips dari aku bermanfaat buat semuanya.
Stay Healthy and Beauty!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar