Selasa, 01 September 2020

Buku Panduan Mencari Kuliner di Jakarta

Pernah ga ngalamin saat ingin kuliner tapi ga tau atau ga punya rekomendasi tempat makan yang menarik?

Atau saat ingin rencanakan kumpul bareng teman suka bingung tempat makan yang tepat itu dimana?




Aku juga sering ngalamin, apalagi keinget saat pergi sama pasangan, suka ditanya mau makan apa dan dimana? Sering ku bilang "terserah!"

Pasti bete sih ya kalau dapat jawaban kayak gitu...hehehehe....

Apalagi rekomendasi tempat makan atau resto di suatu kota itu banyak banget, selain menyuguhkan menu yang variatif dan inovatif, juga menyediakan tempat yang instagramable, untuk membuat para pelanggannya nyaman dan tentu jadi ajang pepotoan.

Selain itu para pelaku usaha kuliner juga berlomba mempromosikannya dari berbagai media, tentu tujuannya agar semua orang dapat mengetahui dan tertarik untuk datang.

Nah....dikarenakan permasalahan diatas, terbitlah sebuah buku panduan khusus untuk mencari tempat kuliner. Tentu dengan adanya panduan dalam buku seperti ini, manfaatnya dapat dirasakan untuk para pencari kuliner dan juga untuk para pelaku usaha.


Exclusive Guide Book Jakarta Selatan.


Sebuah komunitas Event Book Communities yang bekerjasama dengan Exclusive Guide Book, telah menerbitkan sebuah buku panduan khusus untuk kuliner, kali ini terbit dengan edisi Kuliner di Jakarta Selatan.


Komunitas ini sebelumnya telah menggarap berbagai guide book kuliner di berbagai kota besar di Indonesia, dan sekarang ini mulai diluncurkan guide book kuliner untuk Kota Jakarta dengan edisi pertamanya yaitu kota Jakarta Selatan. Tentu isinya mengenai informasi beberapa kuliner dan tempat makan khusus yang berada di Jakarta Selatan. Dan nantinya berencana akan menggarap juga guide book di Jakarta Barat, Jakarta Utara, dan Jakarta Timur untuk edisi selanjutnya.

Exclusive Guide Book Kuliner edisi Jakarta Selatan telah resmi diluncurkan pada tanggal 30 Agustus 2020 bertempat di Harris Hotel Tebet, yang dihadiri oleh para blogger, influencer, wartawan dan para UKM pemilik resto & cafe.

Acara di awali dengan sambutan dan Perkenalan Team EGB Jakarta Selatan, yaitu :

  1. Adi Nurbanatra sebagai Food Fotographer
  2. Dina Handayani sebagai konseptor & Food Stylist.
  3. Nuning Widyastuty sebagai penulis.


Selain itu juga diadakan Workshop Food Photography yang dipandu oleh Dina Handayani (Food Stylist) & Adi Nurbanatra (Food Photographer).

Materi yang dibahas mengenai teknik dasar dalam memotret makanan agar terlihat lebih menarik.


Sharing Session


lalu dilanjut dengan Sharing Session, bersama Master Chef Indonesia dan 2 narasumber pemilik cafe & resto yaitu :

  • Brian Ardianto (Master Chef Indonesia), 
  • Pak Sony (Tanagodang), 
  • Pak Bagus (Iga Bagus)

Membahas mengenai perkembangan serta inovasi dunia kuliner ditengah masa pandemi seperti sekarang ini.


Terselenggara berkat sponsor dari Harris Hotel Tebet dan Tupperware, serta mendapat suport dari beberapa brand produk makanan dan minuman, seperti Lapis Botani, Mey Juice, Djamoebude dan Indoroadtrip Travel Service.


Tujuan Guide Book Kuliner.


1. Sebagai media branding.

Buku ini menjadi media branding untuk Para pelaku bisnis kuliner dalam hal pemasaran dan tentu tidak ada batas waktu.


2. Program Voucher.

Dalam buku ini juga bermanfaat untuk para pembaca, selain dapat mengetahui info kuliner tentu juga dapat menikmati voucher yang terdapat didalam buku, berupa diskon atau pun free produk yang diberikan merchant resto dan cafe, sehingga dapat tertarik untuk datang dan mencoba.

Voucher yang terdapat didalam buku


3. Memberi informasi kuliner yang akurat.

Didalam buku akan diberikan beberapa informasi di setiap resto, mulai dari menu yang disediakan, range harga yang berlaku, juga beberapa spot foto tempat makan, lebih lengkap hingga pembaca pun akan lebih tertarik.


Manfaat Exclusive Guide Book Kuliner.

Dengan adanya Exclusive Guide Book Kuliner seperti ini, tentu akan memberikan keuntungan baik merchant maupun pemilik buku. Banyaknya kuliner dan hangout di Jakarta menjadi konsen bagi Event Book Communities untuk menerbitkan tempat kuliner di Jakarta. Jakarta Selatan dipilih menjadi masterpiece pertama. Terdapat 40 merchant pilihan didalam buku ini mulai dari restoran, cafe kekinian, rumah makan legendaris, coffe shop serta resto hotel.


(Dari kiri ke kanan) MC acara, Adi Nurbanatra, Dina Handayani, Nuning Widyastuty.


Dalam penggarapan Exclusive Guide Book Jakarta Culinary & Hangout Spots edisi Jakarta Selatan, telah melibatkan 3 orang dan sekaligus sebagai narasumber dalam acara launching, yaitu:

Dina Handayani (Food Stylist ), Nuning Widyastuty (Author), Adi Nurbanatra (Food Fotographer).


Exclusive Guide Book Jakarta Culinary & Hangout Spots akan dipasarkan melalui toko Gramedia. Segera miliki bukunya, supaya acara kuliner dan hangout kalian dijamin jadi lebih seru dan menyenangkan. pastinya udah ga ada lagi kata "terserah!" kalau ditanya mau kuliner dimana atau pun mau hangout kemana. Jadi panduan pilihan yang tepat.

Dan buku ini menjadi wadah penyemangat para usaha kuliner untuk terus dapat berkreasi membuat inovasi kuliner ditengah pandemi seperti saat ini.

22 komentar:

  1. Imformasi yg bermamfaat biar kita bisa tau tempat tempat Kuliner dan nongkrong yg Asik sama teman dan
    Keluarga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pasti suka kongkow sambil kulineran ya? Hehehe

      Hapus
    2. Ia apa lg tempatnya asik dan ada promo menu makanannya

      Hapus
  2. Idaman banget tempat hangout bareng temen

    BalasHapus
  3. Menarik nih, dan benar bermanfaat.
    Secara saking banyaknya rekomendasi tempat makan, kadang kita bingung sendiri.
    Kalau ada buku panduannya kan lebih enak bisa milih bareng :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pernah ngerasain bingung kulineran dimana

      Hapus
  4. Wah keren banget. Exclusive Guide Book Kuliner edisi Jakarta Selatan sudah ada. Seharusnya kota saya juga punya buku seperti ini. BTW, seang lihat acaranya, para nara sumber yang duduk di depan itu tertib memakai masker.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emang dikota mana mba? Karna EBC ini pernah juga buat untuk kota besar lainnya.

      Hapus
  5. Buku impian kami para food hunter nih kak hihihi.. Mantap.. Tahu saja kebutuhan kita kita yah..
    Cari makan jadi simple ^_^

    BalasHapus
  6. Aku fokus ke voucher yang terdapat didalam buku, ada diskon atau pun free produk yang diberikan merchant resto dan cafe, sehingga ku bisa datang dan mencoba...yeayy, pas buat penikmat kulineran kayak aku, biar ga jawab terserah lagi ke suami

    BalasHapus
  7. Asiikkkk jadi gak buta banget deh mengenai perkulineran di Jakarta yaa. Kalo ada acara keluarga makan makan jadi gak bingung dan galau lagi mau makan dimana... Ini kudu bin wajib punya yaa bagi yang tinggal di sekitar Jakarta dan mainnya sering ke daerah jakarta

    BalasHapus
  8. Bisa nih, buku panduan nya. Walau udah lama di jakarta ada beberapa tempat yang belum aku dan suami tau. Apalagi jarang keluar cari kuliner gitu.

    Kan kalau ada buku panduan kayak gini,jadi gak bingung mau kemana duluan yang pengen di kunjungi.

    BalasHapus
  9. Wah bisa jadi referensi nih ya kalau mau kulineran bareng teman atau keluarga. Jadi penasaran juga nih apa banyak foto-foto makanan juga ga ya disana hehe.

    BalasHapus
  10. wah enak nih ya ada buku panduan wisata kuliner di Jakarta, jadi bisa icip-icip rekomendasi kuliner unggulan di ibu kota :)

    BalasHapus
  11. Asik banget kulineran disini yaaa

    BalasHapus
  12. launching book culinary penambahan ilmu buat food fotographi, jadi kita lebih paham untuk memotret suatu angel yang tepat agar hasil fotonya ciamik.

    BalasHapus
  13. Wah acaranya seru banget ada workshop photography juga jadi dapat pencerahan tentang teknik memotret makanan agar terlihat menarik saat posting di medsos😍

    BalasHapus
  14. nah kan bagus ada buku panduan mencari kuliner di Jakarta apalagi ada workshopnya pasti membuat orang mencari sesuatu atau makanan di jakarta jadi tau hehe

    BalasHapus
  15. Wah ada rujukan ya kak untuk mencari kuliner di Jakarta. Buku yang recomended nih untuk panduan para mencinta kuliner.

    BalasHapus
  16. Enak jg kl ada buku panduan kuliner jd gk bingung kl mau makan diluar

    BalasHapus
  17. Aku bangeeet. Saking nggak tahu di daerah tersebut ada tempat kuliner apa aja, akhirnya bilang "Terserah, deh ..."

    Hahaha ... Buku ini kayaknya memang dibuat khusus untuk orang-orang kayak aku.

    BalasHapus